Dilakukan UPZ FEBI IAIN Jember

Salurkan Zakat hingga Rp 25 juta

SUMBANGAN CIVITAS ACADEMICA: Pembagian zakat yang dihimpun oleh FEBI IAIN Jember diberikan kepada warga sekitar kampus.

RADAR JEMBER.ID  – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Jember menyalurkan zakat kepada masyarakat sekitar kampus, kemarin (24/5). Seratus warga yang bermukim di wilayah kampus menerima zakat fitrah tersebut. Mereka berbahagia dengan pembagian tersebut.

IKLAN

Dekan FEBI IAIN Jember Khamdan Rifa’i mengatakan, total zakat yang disalurkan jumlahnya mencapai Rp 25 juta lebih. “Yang kita salurkan kepada masyarakat ada yang bentuknya berupa uang, ada juga yang bentuknya kebutuhan pokok,” katanya. Menurut dia, zakat tersebut dihimpun dari dosen, karyawan, serta mahasiswa yang berasal dari internal FEBI.

Pembagian zakat tersebut merupakan tahun kedua yang dilakukan oleh fakultas. Tahun lalu, mereka juga menyalurkan zakat fitrah yang dikumpulkan dari pegawai internal. “Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa, dosen, dan karyawan yang ingin menyalurkan zakatnya,” tuturnya. Selain itu, memberikan gambaran kepada mahasiswa, terutama Program Studi Zakat dan Wakaf.

Khamdan menambahkan, tak hanya zakat fitrah yang disalurkan, namun akan diupayakan juga zakat mal. “Jadi, kami mohon doanya, ke depan kami juga bisa menyalurkan zakat mal,” harapnya. Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen Zakat dan Wakaf MF Hidayatullah menjelaskan, kegiatan penyaluran zakat itu sekaligus  praktik mahasiswa Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf.

“Selama ini, mahasiswa kan hanya dapat teori di kelas. Nah, dengan kegiatan penyaluran ini, diharapkan mereka memiliki gambaran seperti apa penyaluran zakat secara langsung,” katanya. Hidayatullah berharap, kegiatan itu terus  berkembang agar mahasiswa bisa mempraktikkan secara langsung di lapangan.

“Nanti kita juga akan adakan praktik bagaimana wakaf. Sebab, ini penting untuk peningkatan kompetensi mahasiswa Prodi Zakat dan Wakaf,” tambahnya.  Sementara itu, Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengapresiasi kegiatan UPZ FEBI tersebut. Menurut dia, kegiatan semacam ini harus juga dilakukan oleh fakultas-fakultas lain di IAIN Jember.

“Kita akan minta fakultas lain untuk melakukan hal yang sama, atau bahkan nantinya zakat seluruh mahasiswa, dosen, dan karyawan di semua fakultas bisa difasilitasi oleh UPZ Zakat ini,” jelasnya. Babun berharap kegiatan tersebut menjadi wadah tali silaturahmi warga dengan Kampus IAIN Jember agar tetap terus terjaga. “Tentu kita berharap hubungan warga dengan kampus semakin baik, karena kami juga butuh dukungan dari warga sekitar,” pungkasnya. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Bagus Supriadi

Editor : Rangga Mahardika