IAIN Jember Sertifikasi Penguji BTQ dan PPI

MEMPERSIAPKAN: Para pemateri sertifikasi BTQ dan PPI bersama para pejabat IAIN Jember mempersiapkan pelaksanaan praktik BTQ dan PPI bagi dosen di kampus setempat.

RADAR JEMBER.ID – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar ujian praktik Baca Tulis Alquran (BTQ) dan Praktik Pengalaman Ibadah (PPI) bagi Dosen IAIN Jember, Kamis (23/5). Hal itu untuk meningkatkan dan menyiapkan penguji-penguji praktik BTQ dan PPI di kampus setempat.

IKLAN

LPM IAIN Jember menghadirkan dua orang penguji dari luar kampus, yakni KH Imam Baghawi dan KH Ahmad Shodiq. Para penguji tersebut merupakan orang yang kompeten dan profesional di bidang Alquran.

Ketua LPM IAIN Jember Saihan mengatakan, sebenarnya program tersebut merupakan program lama yang baru bisa direalisasikan. “Jadi, itu merupakan keputusan di akhir tahun 2018 lalu. Kami sepakat dengan pimpinan untuk mengadakan program sertifikasi penguji BTQ dan PPI,” terangnya.

Kegiatan tersebut, lanjut Saihan, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan terutama dalam bidang BTQ. “Selain itu, nantinya bagi yang akan menguji BTQ dan PPI mahasiswa sudah benar- benar tersertifikasi. Jadi, bukan karena ini kelompoknya siapa dan siapa,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Miftah Arifin menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh LPM tersebut. “Kita ingin ada standardisasi nantinya, terutama yang akan menguji BTQ dan PPI,” ujarnya.

Menurut Miftah, langkah LPM sudah memenuhi ketentuan yang ada, termasuk pengujinya juga didatangkan dari luar kampus. “Ini kan dari luar kampus, jadi hasilnya nanti benar- benar objektif. Termasuk hasil saya juga, karena saya juga ikut kegiatan sertifikasi ini,” paparnya.

Salah satu peserta, Mas’ud, mengaku sangat mendukung program sertifikasi penguji BTQ dan PPI itu. “Saya kira ini bagus ya. Apalagi pengujinya berasal dari luar, dan memang sudah pakarnya,” tandasnya. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Bagus Supriadi

Editor : Mahrus Sholih