Di Jember Ada TK Berusia Hampir Seabad

POTONG TUMPENG: Di usia ke-90, wisuda TK Katolik Siswa Rini 1 Jember berlangsung meriah. Berbagai kreativitas anak didik ditampilkan. Di antaranya seni tari, suara, dan drama.

RADARJEMBER.ID- Tak banyak yang tahu jika di Jember ada lembaga pendidikan taman kanak-kanak (TK) yang telah berusia hampir satu abad. Persisnya 90 tahun. Lembaga tersebut adalah TK Katolik Siswa Rini 1. Bisa jadi, TK ini menjadi sekolah tertua bagi anak-anak di kabupaten setempat.

IKLAN

“Tahun 2019 ini, TK Katolik Siswa Rini 1 Jember berusia 90 tahun. Pertama kali berdiri pada 7 Januari 1929. Lulusan TK Katolik ini tersebar di seluruh Indonesia. Termasuk saya sendiri adalah alumni TK Katolik Siswa Rini,” tengan Adi Nugroho, Ketua Panitia Wisuda. Hal itu disampaikan Adi di acara wisuda TK tersebut, Sabtu (25/5).

Acara yang bertempat di salah satu hotel di Jember dimeriahkan dengan beragam penampilan dari para siswa. Terlihat, kepolosan dan kelucuan terpancar dari wajah anak didik saat mereka menari tarian tradisional, serta drama. Orangtua yang turut menyaksikan penampilan anak mereka, tampak semringah.

Sementara itu, Kepala TK Katolik Siswa Rini 1 Jember Suster Maria Ines mengatakan, tema wisuda kali ini adalah Save the Dreams of Children. Tema itu selaras dengan drama yang dimainkan oleh anak didik TK Katolik tersebut yakni putri tidur.

“Luar biasa sekali anak didik TK Katolik Siswa Rini 1 Jember ini. Mereka begitu berani menunjukan kreativitasnya di bidang seni suara, tari dan drama. Padahal persiapannya hanya satu minggu,” ujar Ines.

Sebagai wujud rasa syukur menapaki usia 90 tahun, TK Katolik Siswa Rini 1 Jember melakukan pemotongan tumpeng. Ini dilakukan agar lembaga pendidikan itu tetap bisa memberikan sumbangsih untuk ikut mencerdaskan anak bangsa, khususnya di Jember. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih