Berbagi Nasi Bungkus Tiap Dua Pekan

KEGIATAN RUTIN: Salah satu anggota kelompok Shaqueena memberikan takjil gratis kepada pengendara yang melintas di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan kantor Jawa Pos Radar Jember.

RADAR JEMBER.ID – Berbagi dengan masyarakat sekitar, khususnya yang kurang mampu, memang kerap dilakukan selama bulan puasa. Namun, sedianya momen untuk berbagi itu tak melulu harus dilakukan pada bulan suci Ramadan, tetapi bisa dilakukan sepanjang tahun. Hanya saja, di bulan Ramadan, pahala yang diberikan akan dilipatgandakan, sehingga banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan berbagi dan santunan.

IKLAN

Prinsip inilah yang dipegang oleh Shaqueena, salah satu kelompok majelis ilmu di Jember. Komunitas yang beranggotakan kurang lebih 50 wanita ini memiliki agenda rutin setiap dua pekan. Yakni bagi-bagi nasi bungkus kepada orang-orang yang kurang mampu.

Di bulan Ramadan ini mereka menambah intensitas kegiatan sosialnya. Selain berbagi nasi bungkus dan nasi kotak setiap hari Jumat, mereka juga bagi-bagi takjil serta sembako dan santunan kepada yatim piatu. “Setiap dua minggu kita ada kegiatan sosialnya. Namun, di bulan Ramadan ini kita tambah,” ujar Linda Permatasari, ketua komunitas Shaqueena.

Anggaran yang digunakan, kata dia, berasal dari para anggota sendiri. Sasarannya pun kaum duafa. “Kadang kita baginya ke orang-orang di tempat pembuangan sampah, di masjid-masjid, atau kepada tukang becak,” lanjutnya.

Kali ini, agenda bagi-bagi takjil gratis kepada masyarakat dilakukan dengan menggandeng Jawa Pos Radar Jember, kemarin (24/5). Tidak hanya anggota, mereka juga mengajak anak-anaknya untuk mengajarkan kepedulian terhadap sesama sejak usia dini.

Jawa Pos Radar Jember memang membuka seluas-luasnya kesempatan bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengisi acara maupun bagi-bagi takjil gratis. “Semarak ini menjadi semangat dalam bulan Ramadan, agar sama-sama mendapat berkah,” ujar Henky Kurniawan, ketua panitia Joged Ramadan 2019. (*)

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti