Kades Lama Habis Masa Baktinya

25 PNS Jabat Pj Kades

DISUMPAH: Sebanyak 25 PNS dilantik menjadi penjabat kades di Pendapa Wahyawibawagraha

RADAR JEMBER.ID – Sedikitnya 25 pegawai negeri sipil (PNS) resmi ditetapkan menjadi penjabat kepala desa (Pj kades). Pelantikan tersebut dilakukan Wakil Bupati Jember KH A Muqiet Arif di Pendapa Wahya Wibawagraha, kemarin (24/5).

IKLAN

Menurut Wabup Muqiet, pelantikan para Pj kades dari kalangan PNS tersebut dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan kades di 25 desa yang tersebar di 10 kecamatan. “Masa bakti kades sebelumnya sudah habis. Sehingga untuk mengisi kekosongan jabatan kades di desa, maka penjabat kades dilantik,” katanya.

Dia menjelaskan, pada tahun 2019 ini seluruhnya akan ada sebanyak 161 kepala desa yang habis jabatannya. Namun, karena tanggal dan bulannya berbeda-beda, maka jabatan kepada desa yang habis, diurus terlebih dahulu. Dengan demikian, akan ada beberapa tahap sampai 161 desa tersebut selesai seluruhnya.

“Tahun 2019 ini ada 161 desa yang masa bakti kepala desanya habis. Hari ini kita lantik 25 penjabat untuk mengisi desa-desa yang sudah kosong. Nanti akan ada tahapan selanjutnya,” papar Muqiet.

Disinggung terkait tahapan penjabat kades sebelum dilantik, Muqiet mengungkapkan, sudah dilakukan sepenuhnya. Dia mencontohkan, setelah masa bakti kades habis, BPD desa setempat mengusulkan kepada pemerintah agar ada Pj kades di desa tersebut.

“Dalam aturannya harus PNS. Tetapi semua tahapan sudah kita lalui. Termasuk usulan dari BPD. Memang ada beberapa desa yang meminta agar Pj kades diambilkan dari perangkat atau warga desa, tetapi karena peraturannya harus PNS, maka harus PNS,” urai Muqiet.

Dengan pelantikan 25 Pj kades tersebut, Pemkab Jember menaruh harapan agar seluruh Pj kades yang dilantik ikut mengawal persiapan pemilihan kepala desa (pilkades) yang rencananya digelar pada September atau Oktober  2019 nanti. “Kita harapkan semua Pj klades membantu persiapan pilkades. Sambil lalu, tetap melakukan tugas membangun dan memberdayakan warga desa,” pungkasnya.

Data yang berhasil dikumpulkan, sebanyak 25 Pj kades yang dilantik yaitu akan mengisi kekosongan kades di 25 desa yang tersebar di 10 kecamatan. Desa-desa yang dimaksud adalah Desa Dawuhan Mangli, Pocangan, Sukowono, Kecamatan Ledokombo. Kemudian Desa Sumberlesung, Sumbersalak, Ledokombo, Kecamatan Ledokombo. Desa Durungan, Kecamatan Tanggul. Desa Curahkalong dan Petung, Kecamatan Bangsalsari. Desa Wonorejo dan Cakru, Kecamatan Kencong.

Selanjutnya adalah Pj Kades Desa Ajung, Kalisat, Plalangan, Gambiran, Sumberjeruk, Patempuran, Sukoreno, Kecamatan Kalisat. Desa Pondokdalem, Sidomekar, serta Desa Semboro, Kecamatan Semboro. Desa Suci, Kecamatan panti, Desa Sukorambi dan Klungkung, Kecamatan Sukorambi. Terakhir Desa Curahmalang, Kecamatan Rambipuji. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Hadi Sumarsono