Jalan Amblas Bikin Waswas

BERBAHAYA: Kondisi Jalan Hayam Wuruk yang mengalami amblas. Walau tidak lebar, tapi lubang itu bisa membahayakan pengguna jalan. Sehingga warga berinisiatif memberi tanda agar tak sampai memakan korban.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Jalan berlubang ada di mana-mana. Tapi bagaimana jika jalan itu amblas. Pasti membikin pengendara yang melintas waswas. Terlebih jika berada di jalan nasional yang arus lalu lintasnya cukup padat. Inilah yang terjadi di Jl Hayam Wuruk. Jalan utama menuju Jember ini mengalami kerusakan.

IKLAN

Amblasnya jalan itu sepintas seperti jalan berlubang pada umumnya. Sebab, kubangannya hanya kecil, sekitar 70×70 sentimeter. Walau begitu, saat dicek dari dekat, kedalamannya bisa membuat pengendara motor tersungkur bila roda kendaraannya terperosok di lubang itu. Sebab, dalamnya hampir sebetis orang dewasa. “Bukan lubang biasanya ini. Tapi amblas,” ujar Heri Sungkowo, warga sekitar.

Kondisi tersebut sudah terjadi sepekan terakhir. Karena dalam dan khawatir ada yang terjatuh, maka oleh warga diberi tanda. “Kalau malam lebih khawatir. Takut tiba-tiba ada motor lewat pas kena amblasnya. Pasti jatuh,” tuturnya.

Dia menjelaskan, kemungkinan amblasnya terjadi lantaran penutupan drainase dulu kurang padat. Sebab, kata dia, sebelum jalan itu dilebarkan, saluran pembuangan yang berada di sisi jalan lebih dulu amblas. “Sekarang saluran pembuangannya diganti. Tapi ganti jalan yang amblas. Sebagai warga, saya berharap jalan itu segera dibenahi,” pungkasnya.

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Mahrus Sholih