Posko Karantina Siap Digunakan

Disebut yang Pertama di Indonesia

HAMPIR RAMPUNG: Suasana penyiapan Posko Karantina Covid-19 di gedung JSG Ajung, kemarin (24/3). Posko tersebut ditargetkan selesai kemarin dan sudah siap digunakan.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pemkab Jember bekerja ekstra demi memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hanya hitungan hari, pemerintah daerah telah siap mengoperasionalkan Posko Karantina Covid-19 yang bertempat di Jember Sport Garden (JSG) di Kecamatan Ajung. Warga Jember yang terindikasi sebagai orang dalam risiko (ODR) dan orang dalam pemantauan (ODP) bakal dikarantina di gedung JSG hingga mereka benar-benar dinyatakan sembuh.

IKLAN

Kepala Tim Medis Satgas Penanganan Covid-19 dr Maksum Pandelima menjelaskan, Posko Karantina Covid-19 tidak untuk warga yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP). Kata dia, posko yang dipersiapkan ini hanya untuk mengarantina ODR dan ODP ringan. Sementara, untuk ODP yang sakitnya sudah berat, tetap dirawat di rumah sakit. “Termasuk warga yang dinyatakan PDP juga dirawat khusus di RS dr Soebandi,” katanya, kemarin (24/3).

Menurutnya, penyiapan fasilitas terus dilakukan, dan hari ini dipastikan tuntas. Kendati demikian, Tim Satgas masih menunggu alat screening. Alat ini untuk mengidentifikasi pasien apakah terjangkit virus korona atau tidak. “Pasien yang PDP tidak boleh masuk ke sini. Nanti, kalau yang PDP ternyata positif, maka akan mengancam pasien ODR dan ODP. Jadi, di sini juga steril. PDP penanganannya lebih khusus dan tempatnya di rumah sakit,” jelasnya.

Dokter yang saat ini menjabat Kepala RS TK III Baladhika Husada atau RS DKT ini mengungkapkan, satgas juga telah menyiapkan tenaga medis sebanyak 100 relawan. Jumlah ini normalnya untuk menangani 400 ODR dan ODP. “Jadi, sementara ini, kami tidak menggunakan tenaga medis dari dinas kesehatan, khusus untuk karantina ini. Akan tetapi, tenaga medis yang dipersiapkan bersifat relawan. Mereka sudah mendaftar dan semuanya profesional,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Yonif Raider 509 Kostrad Jember Letda Inf Amran Saleh Ramadha menegaskan, persiapan posko segera tuntas. Menurutnya, pemasangan velbet yang jumlahnya sekitar 400-an tempat tidur bagi pasien sudah hampir selesai dan mencapai 80 persen. “Hari ini selesai dan besok siap digunakan,” tegas Amran, kemarin (24/3).

Menurutnya, penyiapan posko karantina dilakukan secara maksimal. Seluruh ruangan dibersihkan dan peralatan medis mulai ditata rapi. Tak hanya itu, tulisan-tulisan petunjuk juga telah ditempel. Ada ruangan untuk pria yang dipisah dengan ruang perempuan.

Sementara itu, sekalipun posko karantina per hari ini siap digunakan, tapi penggunaannya tetap menunggu hasil rapat bersama Bupati Jember dr Faida MMR. Tak hanya itu, petunjuk teknis kapan ODR dan ODP akan dikarantina juga masih menunggu rapat bersama Polres Jember dan Kodim 0824 Jember.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Mahrus Sholih