Peringatan Imlek Diwarnai Toleransi Umat Beragama

JAGA TOLERANSI: Warga Tionghoa bersiap untuk berdoa di TITD Pay Lien San. Selain warga keturunan Tionghoa, penganut agama lain juga ikut mendatangi tempat ibadah tersebut sebagai wujud saling menghormati.

PANTI.RADARJEMBER.ID-Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Pay Lien San di Dusun Karangasem, Desa Glagahwero, Kecamatan Panti saat peringatan tahun baru Imlek 2571 terlihat ramai, Sabtu (25/1). Tidak saja warga keturunan Tionghoa, tapi juga puluhan warga penganut agama berbeda. Mereka ikut ambil bagian merasakan kegembiraan di tahun baru warga Tionghoa tersebut.

IKLAN

“Suasana toleransi beragama sangat terasa sekali di tempat peribadatan Tri Dharma Pay Lien San ini ketika Imlek berlangsung. Inilah Indonesia meskipun berbeda-beda suku, adat, dan agama, namun tetap menjaga kerukunan dan saling menghormati satu- sama lain,” kata Hery Nofem Stadiono, salah seorang pengurus TITD Pay Lien San.

Dalam kesempatan tersebut, Peace Leader Jember sengaja mengajak 40 orang anggotanya ke rumah peribadatan Pay Lien San. Mereka terdiri dari pelajar dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Jember.

“Anggota Peace Leader Jember kita ajak kesini untuk melihat dari dekat TITD Pay Lien San. Karena selama ini mereka belum tahu dan mengenal tempat peribadatan ini,” terang Redy Saputro, Ketua Peace Leader Jember.

Dalam kesempatan tahun baru Imlek itu, TITD Pay Lien San membagikan 225 kantong beras kepada warga tidak mampu di sekitaran tempat peribadatan tersebut. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih