Sodorkan Kriteria Ketua Tanfidz PCNU

MENCARI PEMIMPIN: Puluhan kader muda diajak mempertegas peran dan kiprahnya dalam peringatan Konfercab PCNU Jember, 28 Juli mendatang.

RADAR JEMBER.ID – Sejumlah pemuda yang tergabung dari berbagai organisasi kepemudaan di bawah NU mendiskusikan rumah peran PCNU Jember terhadap kalangan milenial di kantor Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Jember, (23/7) kemarin. Hal itu sebagai respons dari pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU, 28 Juli mendatang. Mereka menyodorkan beberapa kriteria yang tepat untuk calon ketua tanfidz PCNU Jember.

IKLAN

Ahmad Hamdi Hidayatullah, Ketua Umum PC PMII Jember mengatakan, forum pemuda nahdliyin itu digagasnya karena berbagai kebutuhan mendasar. Yakni melihat situasi dan perkembangan PCNU yang masih perlu meningkatkan pemberdayaan pada masyarakat atau pemuda nahdliyin.

Hal itu bisa dilihat dari program PCNU Jember yang masih banyak terbengkalai hingga jelang pergantian kepengurusan. “Dalam forum tersebut, kita ingin membangun sinergi. Akan ke mana arah pemuda dalam forum lima tahunan itu,” kata Hamdi.

Dia menjelaskan, sosok yang tepat sebagai ketua PCNU Jember harus visioner. Tidak hanya untuk kalangan tua, namun juga kalangan pemuda. Kemudian, sosok yang mampu memiliki konektivitas dengan kaum muda nahdliyin. “Tokoh yang mampu berkomitmen dan responsif terhadap ekosistem di Jember,” tegasnya.

Selain itu, tokoh yang bisa memberikan ruang atau pos strategis kepada pemuda nahdliyin di Jember. Ketiga kemampuan itu dinilai menjadi tulang punggung kaderisasi di tubuh NU cabang Jember yang saat ini dibutuhkan.

Sementara itu, Ahmad Winarno, salah satu pemantik dalam diskusi itu, menambahkan, politik warga nahdliyin itu adalah politik kebangsaan.  Momen Konfercab PCNU nanti, para pemuda nahdliyin juga perlu turut bisa berkontribusi. “Jangan  terbawa arus, atau sekalipun melawan arus, tapi kita harus memberikan warna,” jelasnya.

Dia mengakui potensi kader muda saat ini dianggapnya begitu besar. Namun, banyak yang tersisihkan dalam medan kompetisi. “Momen konfercab sebentar lagi ini, siapa pun ketua terpilih, terpenting adalah bisa membawahi kader-kader NU. Khususnya yang muda,” imbuh pria yang juga dosen IAIN Jember itu.

Harapan yang sama juga diungkapkan oleh Fathur Rahman, dosen UIJ yang turut menjadi salah satu anggota Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jember. Menurutnya, minimnya kiprah pemuda nahdliyin saat ini turut menjadi salah satu perhatiannya. Hal itu dibuktikannya dari jumlah setiap tahun, kader yang mengisi banom-banomnya (badan otonom) selalu meningkat.

“Proses regenerasi itu sebagai keniscayaan dalam tubuh NU. Karena itu, mereka yang terpilih perlu melakukan pemberdayaan kalangan pemuda di kesempatan yang sama,” pungkasnya. (*)

Reporter : Maulana

Fotografer : Maulana

Editor : Bagus Supriadi