Tur Tempat Ibadah Ajang Promosikan Toleransi

TANAMKAN TOLERANSI: Acara tour tempat ibadah di GKJW Jalan Karimata Jember. Acara ini digagas oleh komunitas pemuda lintas iman, Peace Leader Jember.

RADARJEMBER.ID – Latar belakang Indonesia berdiri karena keberagaman. Sehingga jangan sampai ricuh akibat berbeda pilihan politik mencabik-cabik keberagaman itu sendiri. Keberagaman, yang telah menjadi keniscayaan Indonesia tersebut, harus terus dirawat. Salah satunya dengan mempromosikan toleransi antar umat beragama kepada para pemuda.

IKLAN

“Toleransi dan nilai-nilai perdamaian harus ditanamkan pada kaum muda lintas iman, etnis, dan budaya yang beragam,” kata Redy Saputro, Koordinator Peace Leader Jember, penggagas kegiatan tur rumah ibadah.

Komunitas Peace Leader sendiri beranggotakan kaum muda lintas iman, etnis dan budaya yang beragam. Kelompok ini berupaya untuk menguatkan dalam mempromosikan toleransi dan nilai-nilai perdamaian.

Redy menyebut, tur rumah ibadah menjadi salah satu kegiatan rutin Peace Leader. Saat tur, pemandu menerangkan juga sejarah dari rumah ibadah ataupun hal-hal yang bisa menumbuhkan tolerensi terhadap sesama.

“Harapannya dapat meningkatkan rasa nasionalisme pemuda lintas iman di Jember, dan meningkatkan kapasitas organisasi serta gerakan cinta tanah air,” harapnya, saat ditemui di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Jalan Karimata Jember, Jumat (24/5). (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih