Pengaruh Lingkungan Bikin Anak Kecanduan Merokok

INGATKAN BAHAYA MEROKOK: Hari tanpa tembakau sedunia diperingati oleh FKM Universitas Jember dengan menggelar diskusi. Hadir juga perwakilan dari fakultas lain dan DP3AKB Jember.

RADAR JEMBER.ID-Faktor pengaruh lingkungan membuat anak tergerak untuk mencoba merokok, perilaku ini lambat laun membuat anak semakin ketagihan merokok. Hal itu diutarakan oleh Dewi Rokhmah, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Jember saat menjadi narasumber diskusi bertema Penerusku Mulai Mencintaimu, Jumat (24/5).

IKLAN

Acara yang diselenggarakan oleh Forum Ungu di aula FKM kampus setempat tersebut, memperingati hari tanpa tembakau sedunia. “Parahnya lagi, rokok dijual bebas dan siapapun bisa membeli termasuk anak-anak. Tidaklah mengherankan, kita kerapkali melihat anak sedang asyik merokok. Dan itu tanpa sepengetahuan orangtua mereka,” ungkap Dewi.

Sementara itu, Wiwik Supartiwi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jember menjelaskan, agar anak tidak merokok maka diperlukan peran orangtua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya agar tidak salah pergaulan.

“Mengapa orangtua perlu memperketat pengawasan terhadap anak? Karena faktor lingkungan sangat mempengaruhi perilaku anak, agar mereka tidak merokok karena membahayakan kesehatan,” jelas Wiwik.

Dibagian lain, Gustafia Cahya Kusuma, mantan perokok berat memberikan testimoni atau pengakuan. Menurutnya, memang benar faktor lingkungan membuat anak tertarik untuk merokok.

“Karena awal saya merokok saat masih anak-anak dipengaruhi oleh teman, sehingga berlanjut selama puluhan tahun. Saya sekarang tidak merokok lagi setelah menderita sakit dan sempat mengalami kelumpuhan selama dua minggu,” papar Gustaf. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih