Foto Selfie Pemilu Mulai Dinilai

MENYELEKSI: Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi dan salah satu juri swafoto, Sigit, melakukan pemilahan pada foto pemilih yang berpartisipasi pada pemilu 17 April lalu.

RADAR JEMBER.ID – Perhelatan pemilihan umum (pemilu) yang digelar pada 17 April 2019 lalu sudah tuntas. Nah, kali ini KPU Jember mulai melakukan pemilahan terhadap foto selfie (swafoto) terkait partisipasi pemilih. Setidaknya ada ratusan foto dikirim warga dan harus melewati penilaian untuk dipilih pemenangnya.

IKLAN

Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi menyebutkan, foto selfie yang dikirim oleh ratusan orang akan dinilai oleh juri independen. Penilaian dilakukan oleh beberapa juri dari luar KPU Jember. “Sebelum ada penilaian, dipilah terlebih dahulu mana yang memenuhi syarat dan mana yang tidak,” paparnya.

Dari hasil pemilahan itu akan dilakukan penilaian bagi foto-foto selfie hasil jepretan ponsel oleh juru independen. Hasil foto terbaik nantinya akan keluar menjadi pemenenangnya. Hanafi menyebut, dari ratusan foto selfie yang diikutsertakan, banyak di antaranya yang memenuhi persyaratan. Namun demikian, untuk pemenangnya akan dipilih beberapa foto saja. “Juri akan menentukan sampai sepuluh terbaik. Selanjutnya akan kita pilih mana yang terbaik,” paparnya.

Sementara itu, Sigit, salah satu juri menjelaskan, hasil potret warga yang melakukan foto selfie sendiri hasilnya sudah lumayan bagus. “Untuk ukuran foto HP hasilnya bagus. Rata-rata terlihat profesional,” ucapnya.

Sigit menegaskan, dari semua foto selfie yang dikirim, seluruhnya akan melalui tahapan pemilahan serta penilaian. “Kreasi para peserta foto selfie, baik yang nanti menang atau tidak, jangan berhenti di sini. Terus dikembangkan karena itu juga bermanfaat bagi masing-masing,” paparnya.

Juri lain, Siswanto, menyebutkan, hasil foto selfie yang menggunakan ponsel dari para pemilih di sekitar tempat pemungutan suara patut diapresiasi. Menurutnya, dengan mengikuti lomba foto selfie, menunjukkan bahwa mereka aktif dalam menyalurkan suara saat pemilu. “Kemudian untuk kreasi foto-foto akan lebih baik lagi diasah ke depannya. Tentu sangat bangga kalau banyak fotografer profesional di Jember sekali pun hanya menggunakan HP,” pungkasnya. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti