Merawat Keberagaman ala Peace Leader Jember

Buka Puasa Bersama Pemuda Lintas Iman

AJANG SILATURAHIM: Pemuda lintas agama dan aliran kepercayaan menggelar buka bersama yang dikemas dengan Talkshow Pemuda dan Perdamian. Acara ini juga untuk memperingati Harkitnas ke 111.

RADARJEMBER.ID- Pemuda lintas agama yang tergabung dalam Komunitas Peace Leader memiliki cara tersendiri memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh di bulan Ramadan ini. Komunitas Peace Leader dan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Jember bekerjasama mengadakan buka puasa bersama pemuda lintas agama dan aliran kepercayaan.

IKLAN

Acara itu yang dikemas dengan Talkshow Pemuda dan Perdamian, di Ruang Pertemuan GKJW Jalan Karimata Jember, Jumat (24/5). “Berbuka pusa bersama pemuda lintas agama ini kami maksudkan untuk merangkai kecintaan pada negeri dengan menumbuhkan kecintaan dan kerukunan kepada sesama,” ujar Redy Saputro, Koordinator Peace Leader Jember.

Dia menjelaskan, adanya kerusuhan yang terjadi di Indonesia membuat para pemuda miris. Terlebih lagi, terjadi saat peringatan Harkitnas. Seharusnya, kata dia, kaum muda lintas iman, etnis dan budaya yang beragam harus saling menguatkan dalam mempromosikan toleransi, dan nilai-nilai perdamaian.

“Nilai nasionalisme dan toleransi kita jangan sampek terprovokasi terhadap hal-hal yang bisa memecah belah,” jelasnya.

Tak cukup hanya buka bersama, para pemuda lintas iman dan kepercayaan itu juga memeriahkan acara tersebut dengan game, talkshow, dan tour rumah ibadah. “Kami di sini saling menyiapkan makanan dan takjil satu dengan yang lain untuk buka puasa bersama. Rasanya senang dan bahagia,” ujarnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih