Minat Baca Masyarakat Lumajang Perlahan Meningkat

PERPUSTAKAAN BERJALAN: Sejumlah warga ketika beramai-ramai membaca di kawasan Alun-Alun Lumajang. Minat baca masyarakat belakangan ini mulai ada peningkatan

DITOTRUNAN.RADARJEMBER.ID- Minat baca masyarakat Lumajang makin hari makin meningkat. Hal itu ditandai dengan melonjaknya jumlah kunjungan ke perpustakaan. Dalam enam bulan terahir di bulan Juni kunjungan perpustakaan pada angka 334.000 pengunjung. Sedangkan saat ini sudah mencapai angka 418.000.

IKLAN

“Untuk menghitung indikator utamanya adalah jumlah pengunjung, saat ini minat baca di Lumajang cukup ada peningkatan” kata Tutik Pustakawan Perpustakaan Daerah Lumajang.

Untuk strategi meningkatkan minat baca, pihak perpustakaan juga sering mengadakan sejumlah even. Seperti lomba membaca, menulis, dan membaca puisi. Selain itu juga sering mengadakan pameran buku setiap 2 pekan sekali.

Serta mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah bekerja sama dengan perpustakaan desa. Dalam waktu dekat ini, pihak perpustakaan daerah akan melakukan monitoring di perpustakaan desa.

Saat ini Lumajang sudah memiliki rumah baca desa. Atau perpustakaan desa dengan jumlah sebanyak 205 unit. Namun yang dilengkapi dengan komputer masih 64 desa. Selebihnya masih diisi buku-buku saja. Untuk jaringan internet, pihaknya sudah menggandeng programer perpustakaan seru dan perpusnas.

Tutik juga mengatakan, untuk meningkatkan minat baca, seseorang tidak harus serta merta menyodorkan buku untuk di baca. Ada juga cara lain seperti mengadakan lomba-lomba dan mengadakan komunitas kerajinan. “Itu juga salah satu praktek dari buku. Jadi, belajarnya tidak hanya membaca buku saja,” terangnya.

Saat ini perpusda sudah memiliki kurang lebih 92.817 buku. Semua buku itu untuk memfasilitasi para pengunjung yang datang kesana. (*)

Reporter : Prisilia

Reporter :

Fotografer : Atieqson Mar Iqbal

Editor : Hafid Asnan