Kelembagaan Koperasi di Lumajang Masih Jadi Problem

KENDALA KELEMBAGAAN: Samsul Nurul Huda Kabid Usaha Koperasi Dinkop dan UMKM Lumajang ketika menjelaskan kendala kelembagaan

LABRUK LOR.RADARJEMBER.ID- Berbicara tentang koperasi , selaun ada usaha sudah tentu ada kelembagaannya. Urusan kelembagaan inilah yang sejauh ini masih jadi problem serius. Sebab, persoalan yang muncul cukup kompleks.

IKLAN

Secara kelembagaan, koperasi memiliki pengurus, pengawas dan anggota. Dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggota, koperasi ini bisa dikelola dengan kelembagaan yang sehat.

Di Lumajang sendiri sudah memiliki sekitar 655 koperasi yang tersebar di sejumlah kecamatan. Bahkan, rencananya Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) akan membuat gudang koperasi untuk bekerja sama antar koperasi di sekitar Lumajang.

Namun, Samsul Nurul Huda Kepala Bidang Usaha Koperasi Lumajang mengakui jika problem koperasi beragam. “Masih pada aspek kelembagaan. Yang paling banyak yaitu pengurus koperasi masih menganggap koperasi ini bekerja hanya bila ada kesempatan,” katanya.

Sebab, koperasi itu harus memiliki tangan kanan yaitu manager. Dan pengurus koperasi harus rajin mengontrol dan pengawas juga harus rajin mengawasi. “Seperti yang sering terjadi adalah pengurus koperasi yang punya pekerjaan lain, akhirnya koperasi ini dikesampingkan,” katanya.

Hal-hal seperti itulah yang akan mengganggu proses di koperasi. “Jadi harus benar-benar diurus oleh orang-orang yang memiliki kapabilitas tinggi.” kata Samsul Nurul Huda Kepala Bidang Usaha Koperasi Lumajang.

Samsul juga berharap, koperasi di Lumajang lebih maju dan berkembang dari segi anggota maupun dari segi usahaanya. Sehingga ekuitas serta modal koperasi itu sendiri akan semakin bertambah.

Jika anggotanya banyak, maka koperasi ini akan semakin untung. Sebab, anggota yang dilayani akan semakin banyak dan berkembang. Namun setiap koperasi juga harus tetap mengacu pada aturan yang ada. (*)

Reporter                 : M.Khoirul Umam

Fotoghrafer            : M.Khoirul Umam

Reporter :

Fotografer :

Editor : Hafid Asnan