Tips Masak Steak Daging ala Chef Purnomo

PENUH SMEANGAT: Chef Purnomo saat melakukan cooking class di halaman kantor Radar Jember

RADAR JEMBER.ID – Memasak menjadi hobi sebagian kalangan. Kali ini, Chef Purnomo dari Hotel Daffam Lotus Jember membagikan tips memasak di hadapan puluhan pengunjung Joged Ramadan di kantor Jawa Pos Radar Jember. Berbagai bahan yang dibutuhkan pun disiapkan. Mulai dari daging sapi 500gram, kentang, paprika, serta beragai bumbu lainnya.

IKLAN

Chef Purnomo pun mendemokan memasak steak daging dengan menjelaskan tahap setiap tahapannya. Tak lupa, setiap menjelaskan tahapan memasak, Chef Purnomo juga menjelaskan tips memilih bahan masakan saat berbelanja. “Untuk steak bahan utamanya daging, pilih daging yang segar warna tidak merah mencolok. Biasanya agak sedikit kecokelatan. Apabila tidak digunakan, taruh di lemari es agar lebih terjaga,” ujarnya sembari melumuri daging mentah dengan campuran lada hitam.

Bukan saja memilih bahan masakan, cara memasak steak pun memiliki kadar penggunaan api masing-masing. Diungkapkannya, untuk menggunakan api medium dibutuhkan waktu 2-3 menit. Sedangkan menggunakan api besar, cukup dengan hitungan 1 hingga 10 detik saja. Daging sudah bisa diangkat. Namun, tetap harus dicek dengan cara ditusuk menggunakan garpu atupun tusuk gigi. “Bibir bagian bawah menjadi salah satu cara paling ampuh bisa merasakan masakan yang sudah matang atau belum saat mencicipi,” tambahnya, sembari terus melakukan demo memasak.

Seusai makanan selesai dihidangkan, steak daging ala Chef Purnomo pun diserbu para pengunjung untuk diabadikan di masing-masing ponsel. Tentunya, tips memasak ala Chef Purnomo ini menjadi ilmu tambahan sebelum menjelang berbuka puasa. Acara semacam ini semakin hari akan lebih digiatkan lagi. Mengikuti antusiasme dari para pengunjung Joged Ramadan.

“Silakan datang setiap sore di Radar Jember. Bakal banyak sekali acara lainnya yang lebih seru lagi,” ujar Hengki Kurniawan, ketua pelaksana acara Joged Ramadan. Lokasi acara ini di halaman kantor Jawa Pos Radar Jember, Jalan Ahmad Yani nomor 99. (*)

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Pradini Anjar Agustin

Editor : Rangga Mahardika