Dinas Jamin Kualitas Daging Aman

DAGING PASAR : Salah satu penjual daging di kawasan pasar besar Lumajang.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Banyak sekali  makanan yang mengandung protein tinggi yang bisa dikonsumsi untuk pertumbuhan tubuh. Salah satu sumber protein tinggi adalah daging. Dibalik kayanya protein yang terkandung dalam daging membuat daging menjadi salah satu makanan yang di minati. Kegemaran dalam mengkonsumsi daging harus di imbangi dengan pengetahuan terhadap kualitas daging yang akan di beli.

IKLAN

Peredaran daging di seluruh pasar Lumajang selalu dipantau oleh dinas peternakan. Baik sebelum pemotongan hewan, setelah di potong bahkan sebelum beredar di pasar. Kondisi hewan sebelum dipotong diperiksa dengan ketat oleh Rumah Potong Hewan.

RPH selalu menolak menyembelih hewan yang berpotensi dapat menularkan penyakit ke manusia. Nurul, Humas Dinas Peternakan mengatakan tidak ada daging yang berpenyakit. “Daging yang dipotong di Rumah Potong Hewan aman. Soalnya kalau ada sapi yang sakit, maka ditolak, tidak akan di sembelih. Setelah di sembelih pun dagingnya akan diperiksa lagi,” tegasnya.

Pemeriksaan yang ketat ini dilakukan untuk mengantisipasi daging tidak layak tersebar di pasar. Bahkan beberapa kali Dinas Peternakan melakukan sidak ke pasar dengan tiba-tiba tanpa sepengetahuan pedagang. “Kami hampir seminggu sekali melakukan pengecekan ke pasar-pasar,” imbuhnya.

Andin seorang pedagang daging juga membenarkan ada petugas masuk ke pasar untuk memeriksa kesegaran daging. “Tidak mesti, selama bulan ini, hanya satu kali kami diperiksa oleh petugas,” terangnya.

Terlebih lagi menjelang lebaran. Peredaran daging akan meningkat seiring kebutuhan konsumen. Selain mengawasi peredaran daging, Dinas Peternakan juga menghimbau konsumen juga harus lebih teliti dalam membeli daging di pasar. (*)

 

Reporter :

Fotografer : Istimewa

Editor : Narto