Pelajar SMK Balung Ciptakan Motor Praktis untuk Difabel

TINGGAL TARIK GAS: Guru SMK Teknologi Balung menjajal motor yang didesain khusus bagi difabel.

BALUNG.RADARJEMBER.ID-Kalangan difabel saat ini memiliki mobilitas cukup tinggi, sementara itu sarana pendukung untuk memudahkan aktivitas mereka belum memadai. Berangkat dari hal ini menginspirasi para guru dan siswa di SMK Teknologi Balung membuat motor yang didesain khusus bagi difabel. Terlebih belum ada pabrikan yang membuat kendaraan khusus bagi mereka.

IKLAN

“Difabel justru memodifikasi sendiri motor mereka sesuai kebutuhan, karena produsen motor belum memproduksi motor khusus difabel,” ungkap Danang Wahyu Hidayat, Guru SMK Teknologi Balung.

Ide kreatif dari sekolah kejuruan tersebut menghasilkan motor praktis bagi difabel. “Ini murni ide dari guru dan murid SMK Teknologi Balung. Motor ini dibikin sepraktis mungkin untuk difabel. Bahkan tanpa dibantu oleh orang lain, difabel bisa mengoperasikan motor ini tanpa harus turun dari atas kursi roda sekalipun. Karena bisa dinaikkan di atas motor tersebut,” ucap guru yang juga Humas SMK Teknologi Balung itu.

Motor praktis itu sangat sederhana, karena mengandalkan tenaga mesin tempel yang dilengkapi dua buah aki. Motor ini menggunakan stater elektrik serta sistem hidrolis di bagian belakang untuk memudahkan kursi roda naik di atas motor.

Rencananya, motor ini akan diproduksi massal oleh SMK Teknologi Balung. Harapannya, difabel tidak perlu ragu lagi untuk menjalankan aktivitasnya walau jauh sekalipun jarak tempuhnya. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih