Butuh Ketua yang Ngopeni Ranting

RADAR JEMBER.ID – Kriteria pemimpin para pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) beragam. Ada sekitar 26 MWCNU di Jember yang tersebar di berbagai kecamatan. Mereka memiliki suara untuk menentukan ketua tanfidziyah PCNU Jember lima tahun mendatang.

IKLAN

Peran Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) cukup penting. Sebab, mereka langsung terjun kepada ulama dan nahdliyin yang ada di setiap ranting. “Selama ini sudah ada program PCNU yang sudah jalan. Paling tidak, bisa dipertahankan,” kata Ketua MWCNU Arjasa Muhammad Arifin.

Sosok pemimpin yang diinginkan oleh anggotanya tak muluk-muluk, yang penting bisa menjalankan program PCNU yang sudah diagendakan. Kemudian, terjun ke bawah untuk memperhatikan para pengurus NU tingkat ranting. “Karena secara riil, ranting ini ada di akar rumput. Seharusnya pemimpin baru nanti mampu ngopeni pengurus ranting,” tegas dia.

Tak hanya Arifin, ketua MWCNU Mayang Achmad Danial menilai, peran NU harus lebih menyentuh sampai tingkat bawah. “Tidak hanya di bidang keagamaan, tapi bidang-bidang lainnya. Seperti kesehatan, pendidikan, dan sosial,” jelas Danial.

Menurut dia, organisasi itu harus lebih terasa keberadaannya di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, kata dia, juga harus lebih  modern dan milenial. Sebab, era Revolusi Indsutri 4.0 menuntut kreativitas yang tinggi. “Untuk itu, ketua PCNU Jember harus menyesuaikan diri, termasuk manajemen organisasinya harus terbuka,” beber pria yang dalam periode sebelumnya menjadi wakil ketua MWCNU Mayang ini.

Jelang Konfercab ini, MWCNU Mayang menyambutnya dengan cukup antusias. Sebab, banyaknya perubahan struktur di tingkat kecamatan. “Karena teman-teman yang di bawah rata-rata sudah melakukan konferensi. Jadi, punya semangat yang baru,” tambahnya.

“Semoga sosok pemimpin baru nanti lebih telaten ngopeni yang di bawah ini. Karena, kemarin hanya beberapa pengurus yang sering ke bawah,” tambah, Rizqotun Mustain, Ketua MWCNU Wuluhan.

Pria yang akrab disapa Qotun ini menginginkan, para pengurus baru nanti lebih merekatkan lagi hubungan NU Jember dengan lembaga-lembaga terkait. Untuk itu, dia akan memberikan pemahaman pada kader-kadernya terkait sosok ketua yang dibutuhkan sekarang. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Bagus Supriadi