Raih Lima Sukses Ramadan

Ustad Akhmad Malik Afandi

RADAR JEMBER.ID – Ramadan adalah bulan yang penuh kemurahan dan keberkahan. Segala amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya, begitu juga sebaliknya kejelekan pun dilipatgandakan dosanya. Saatnya bagi muslimin untuk berlomba-lomba mencari dan menabung kebaikan. Rosulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kalian mengatakan: Setiap satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus dan berpuasa adalah amalan untuk-Ku dan Aku akan membalasnya.” (HR. At-Tirmidzi).

IKLAN

Mari sukseskan Ramadan dengan meraih lima sukses Ramadan. Pertama, adalah Sukses Puasa. Makna puasa tidak hanya menahan tidak makan dan minum, tetapi juga mengendalikan emosi, perkataan bohong dan kotor. Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa berpuasa Ramadan, lalu dia tidak meninggalkan perkataan bohong dan perbuatan yang mengandung kebohongan, maka Allah SWT tidak akan memberikan pahala atasnya, melainkan hanya perbuatannya meninggalkan makan dan minum” (HR. At-Tirmidzi). Mari niatkan hati apa makna puasa sebenarnya agar ibadah puasa sebulan penuh ini tidak akan sia-sia.

Kedua, adalah sukses salat tarawih. Salat tarawih sebulan penuh baik 11 atau 23 rakaat. Rasulullah SAW bersabda. “Barang siapa menetapi ibadah (salat Tarawih) di bulan Ramadan karena iman dan mencari pahala, diampuni bagi orang apa-apa yang telah dahulu dari dosanya orang” (HR. Bukhori). Sungguh besar pahala dijanjikan Allah bagi yang menjalankan tarawih, maka menjadi motivasi bagi untuk semangat mengerjakannya.

Ketiga, sukses tadarus Alquran. Rasulullah bersabda “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabulloh (Alquran) maka baginya mendapatkan satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi sepuluh kalinya (HR. At-Tirmidzi)”.

Ke empat, sukses ibadah iktikaf (berdiam diri) di masjid terutama sepuluh malam akhir Ramadan dan berupaya mendapatkan pahala Lailatul Qadar. Beribadah di malam lailatul Qadar, pahalanya lebih baik daripada pahala beribadah selama seribu bulan.

Terakhir, sukses menunaikan zakat fitrah bagi seluruh kaum muslimin. Dari Abdulloh bin Umar, dia berkata: “Rasulullah Saw memerintahkan kepada menyerahkan zakat fitrah sebelum orang melaksanakan salat Idul Fitri, dan mewajibkan zakat sebanyak satu so’ gandum atau kurma atau keju kepada laki-laki, wanita, anak kecil, orang tua, orang merdeka atau hamba sahaya dari orang-orang Islam” (HR. Abu Dawud).

Sungguh besar pahala yang akan diperoleh jika lima sukses Ramadan berhasil kita dapatkan. Sebaliknya, besar penyesalannya jika bulan Ramadan telah lewat dan lima sukses Ramadan tidak kita peroleh. Banyaknya pahala dan kebaikan yang dijanjikan Allah di Ramadan seharusnya tantangan bagi kita untuk meraihnya.

Semoga kita tergolong sebagai orang yang meraih kemenangan pada 1 Syawal (kembali kepada fitrah sebagaimana waktu kita dilahirkan). Melalui keberhasilan kita meraih lima sukses Ramadan. Selamat berpuasa serta berlomba menggapai lima sukses Ramadan dan semoga Allah SWT memberikan rida-Nya kepada kita semua. Amin. (*)

Reporter : Maulana

Fotografer : Maulana

Editor : Rangga Mahardika