Layanan Dasar Mulai Tertata

RADARJEMBER.ID – Sejak awal dilantik pada 24 September 2018 lalu, gebrakan terus dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Lumajang. Mulai di tubuh birokrasi dan pemerintahan, pendidikan, kesehatan wisata dan lainnya. Memang belum sampai pada bangunan monumental. Namun perubahan mulai dirasakan.

IKLAN

Prinsip dasarnya, memang bupati dan wakil bupati mengurai problem dasar terkait layanan dasar. Terkait responsibilitas pemerintah terhadap problematika masyarakat. Sehingga kehadiran pemerintah pada perwujudan keinginan masyarakat mulai tampak.

Problem berikutnya adalah ada kevakuman tindakan pemerintah terhadap dinamika yang berkembang. Baik itu dinamika persoalan, maupun dinamika keberhasilan. “Dari problem dasar itu kita urai sehingga kami memutuskan beberapa kebijakan,” jelas Bupati Thoriq.

Hasil uraian pertama diketahui soal administrasi kependudukan yang dilema dan tak kunjung usai. “Alhamdulillah dari tata kelola itu, sekarang jauh lebih cepat. Sebelumnya lama, sekarang kita maksimalkan satu hari selesai. Sambil menyiapkan program pelayanan KTP di kecamatan tuntas,” katanya.

Ke depan, bakal ada inovasi. Misalnya anak yang baru lahir, bisa mendapat akta kelahiran bila sudah ada namanya. Bisa bekerjasama dengan rumah sakit atau pukskesmas.

Bupati dan wabup, kata dia, akan terus rajin turun langsung menyapa masyarakat. Ditemukan persoalan jalan tambang, konflik anggaran desa, kesalahan pembangunan infrastruktur. “Saya dan bunda berulang kali turun, kita temukan persoalan utamanya. Alhamdulillah sudah banyak persoalan yang terselesaikan,” jelasnya.

Di sisi lain, aktualisasi APBD juga mulai bisa langsung dirasakan masyarakat. Seperti melahirkan gratis, SPP gratis. “Honor guru ngaji, tenaga honorer, bantuan kader posyandu. Itu semua hal secara mendasar yang direalisasikan dari pengambilan kebijakan kami,” terangnya.

Bupati juga bersyukur mendapat mitra kerja dari TNI dan Polri yang sagat responsif. “Saya mengapresiasi betul jajaran forkopimda untuk melaksanakan program yang kami tata. Kriminalitas masih ada iya, tapi sudah turun. Turun jauh. Rasa aman dan nyaman mulai dirasakan walaupun masih banyak PR,” ujarnya.

Problem dasar juga dicarikan solusi yang inovatif. Tidak lagi berkutat pada persoalan-persoalan dasar. Melainkan sudah melahirkan sejumlah terobosan. “Nah inovasi ke depan, saya sudah sampaikan ke berbagai tempat. fokus kami adalah pertanian dan pariwisata,’’ tukasnya.

Pertanian Lumajang ini unggul kemudian potensi pariwisata kami juga sangat menjajikan. Namun belum diberdayakan betul dengan dilakukan pemaksimalan infrastruktur pariwisata. “Padahal potensinya luar biasa,” jelasnya.

Sektor wisata, kata Bupati Thoriq, Lumajang punya Gunung Semeru, Ranu, danau, puluhan air terjun, dan pantai selatan. Semuanya masih terus dikembangkan supaya connecting satu pariwisata dengan yang lain.

Potensi pertanian bahkan buahn-buahan juga luar biasa. Ada kelapa muda, apukat, pisang, jeruk, salak. Bahkan belakangan ini ada budidaya durian yang spesifik. Pasar sentra buah dari seluruh pertanian buah juga melimpah untuk disebar ke berbagai daerah. “Sekarang masih diolah, belum menjadi produk buah yang betul-betul berdaya saing. Harusnya, sudah ada industri minuman buah yang ada di Lumajang. Karena logika saya kalau buah yang ada di Lumajang ini support, bahan bakunya melimpah. Memudahkan membangun industri buah di Lumajang,” tambahnya.

Sebab, banyak lagi olahan, yang mestinya dioptimalkan. Seperti kentang Argosari atau Ranupane. Saat ini, semua produk itu menjadi income yang lumayan bagi masyarakat.

Pada sisi lain, inovasi terhadap potensi yang efeknya adalah berjejaring dengan dunia investasi. “Kalau pariwisata ini optimal, kami yang banyak jejaring investasi yang masuk, sambil memilah, jaringan investasi yang ada di Lumajang dengan perencaan investasi baru dari sekian produk yang bisa diproduksi dengan potensi yang dimiliki oleh Lumajang,” katanya.

Di Lumajang saat inisudah banyak industri kayu berkelas ekspor. Tetapi menjadi problem persaingan yang tidak sehat. Makanya, semua dijaga dan dilindungi. “Saya yakin, kami bisa mengoptimalkan dari yang bisa saya sampaikan. Karena sekaran ini destinasi yang bisa didatangi masyarakat banyak pilihan. Kalau kami memberikan pilihan dengan pelayanan dan jasa dari Lumajang, kami yakin itu akan bisa menghadirkan dan menumbuhkan perekonomian di Lumajang,” jelasnya.

Banyak destinasi yang dikunjungi masyarakat luas di Lumajang ini. tentu akan memutarkan ekonomi yang lebih bik lagi. Memutar peredaran uang yang lebih banyak, peningkatan daya beli, dan ekonomi lebih bisa tumbuh dari yang ada sekarang ini

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : MS Rasyid