Tidak Puas, Bisa Ajukan Gugatan ke MK

Hasil Pemilu Diumumkan, Tinggal Penetapan

AMAN: Logistik masih menjadi barang bukti penting sebelum ada penetapan hasil pemilu.

RADAR JEMBER.ID – Hasil pemilu serentak yang dihelat 17 April 2019 lalu telah diumumkan KPU RI, dini hari kemarin (21/5). Pengumuman dilakukan untuk hasil capres-cawapres. Begitu pula dengan suara partai politik, para calon anggota legislatif, termasuk perolehan calon anggota DPRD Jember. Dengan demikian, tinggal penetapannya saja.

IKLAN

Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi menyebutkan, pengumuman hasil pemilu secara umum sudah diumumkan di tingkat nasional. Akan tetapi, KPU Jember belum mengumumkan hasil perolehan suara termasuk calon DPRD yang jadi, karena ada satu hal yang masih dilalui. Yaitu menunggu kemungkinan adanya gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Pengumumannya memang sudah dilakukan secara nasional di tingkat nasional oleh KPU RI. Akan tetapi, kita masih menunggu penetapannya sesuai jadwal,” kata Ahmad Hanafi kepada Radarjember.id.

Dia menambahkan, setelah pengumuman dilakukan KPU RI, masih ada waktu paling lama tiga hari untuk seluruh peserta pemilu mengajukan gugatan ke MK. Setelah semuanya klir, maka berdasarkan tahapan penetapan hasil suara serta calon jadinya akan bisa diumumkan.

“Makanya kami menunggu apakah di Jember ada yang melakukan gugatan atau tidak. Setelah tidak ada lagi permasalahan, maka akan ditetapkan. Penetapannya dilakukan KPU RI,” paparnya.

Data yang diperoleh Radarjember.id menyebutkan, dari pengumuman hasil pemilu tingkat nasional tersebut, ada peserta pemilu yang berancang-ancang mengajukan gugatan ke MK. Akan tetapi, untuk hasil pemilu di Jember sendiri, sejauh ini belum ada kabar adanya peserta pemilu yang menggugat hasil pemilu Kabupaten Jember. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Hadi Sumarsono