Nasdem, Gerindra, dan PDIP Tunggu DPP

Itqon Diplot Jadi Pimpinan DPRD

PERSIAPAN: Calon terpilih melakukan geladi bersih sebelum mengikuti pelantikan hari ini, Rabu (21/8). Mereka yang telah ditetapkan sebagai pemenang, hari ini akan dilantik menjadi anggota DPRD Jember periode 2019-2024.

RADAR JEMBER.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jember akan dilantik hari ini, Rabu (21/8). Berdasar hasil perolehan pada Pemilu Legislatif 2019, secara otomatis jatah kursi pimpinan menjadi milik partai pemenang dalam pemilu 17 April 2019 lalu. Bukan soal perolehan kursinya saja. Akan tetapi, jumlah suaranya juga menjadi penentu untuk menduduki jabatan kursi ketua DPRD.

IKLAN

Berdasarkan hasil pemilu, kursi Ketua DPRD periode 2019-2024 menjadi hak Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai ini memperoleh delapan kursi, dengan total suara di seluruh Jember mencapai 192.178 pemilih. Partai ini pun telah mengusulkan sejumlah nama yang mengerucut pada satu orang. Nama calon Ketua DPRD dari PKB yang hari ini dilantik yaitu M Itqon Syauqi.

Kepastian nama Itqon, pengasuh pondok pesantren di Kalisat itu, disampaikan Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Syaiful Bahri Anshori, kemarin (20/8). Menurutnya, nama-nama yang diusulkan, sempat muncul beberapa orang dari PKB Jember.

Setelah melalui serangkaian seleksi di internal PKB, kemudian mengerucut pada satu nama tersebut. “Mekanismenya, semua nama yang diusulkan dipanggil. Kemudian, DPP PKB memutuskan satu nama, yaitu M Itqon Syauqi. Rekomendasi DPP juga sudah turun,” kata pria yang akrab dipanggil SBA itu, saat dikonfirmasi Radarjember.id.

Selain kursi Ketua DPRD, ada tiga kursi pimpinan yang akan menjadi wakil ketua 1, 2, dan 3 DPRD Jember. Jumlah pimpinan ini disesuaikan dengan jumlah komisi yang ada, yaitu sebanyak empat komisi. Dengan demikian, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapatkan haknya untuk menduduki wakil pimpinan tersebut.

Sejatinya, perolehan kursi Nasdem sama dengan perolehan kursi PKB, yaitu 8 kursi. Namun, Nasdem harus puas untuk mendapatkan jatah wakil ketua 1, karena perolehan suaranya kalah dengan PKB. Nasdem saat pemilu yang lalu mampu mengumpulkan 172.871 suara, atau selisih sekitar 20 ribuan suara dari PKB.

Politisi Nasdem yang hari ini dilantik lagi, David Handoko Seto menyebutkan, nama yang sempat muncul dan diusulkan menduduki kursi wakil ketua 1 yaitu ada tiga orang. Mereka adalah Dedy Dwi Stiawan, Hamim, serta Kristian Andi Kurniawan. “Muncul tiga nama yang kemudian diusulkan ke DPP. Saat ini, Nasdem mengutus Dedy untuk menjadi pimpinan sementara. Keputusannya kami menunggu DPP,” tegas David.

Jika Nasdem yang memperoleh kursi sama dengan PKB harus puas menduduki wakil ketua 1, kali ini Partai Gerindra mendapatkan haknya wakil ketua 2. Perolehan suara partai ini memang paling unggul di seluruh Jember yaitu mencapai 200.209 suara. Akan tetapi, kursi yang didapatkan hanya 7 kursi. Dengan demikian, wakil ketua 3 menjadi hak Gerindra.

Begitu dikonfirmasi perihal siapa nama yang disiapkan untuk menduduki kursi wakil ketua 3 DPRD Jember, Ketua DPC Gerindra Jember M Satib enggan membukanya. Satib menyebut, muncul beberapa nama yang diusulkan. Namun, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari DPP Gerindra. “Dalam waktu dekat akan ada. Kami masih menunggu dari DPP,” kata Satib.

Sementara itu, jatah kursi wakil ketua 3 DPRD Jember akan diduduki PDIP. Politisi partai moncong putih yang hari ini juga dilantik, Tabroni mengatakan, ada tiga nama yang diusulkan untuk menjadi wakil pimpinan tersebut. Nama-nama itu yakni Agus Sufyan, Danang Kurniawan, serta Indrijati. Keputusan yang mengerucut ke satu nama juga akan ditentukan DPP PDIP Pusat. “Internal kami, nama-nama yang muncul itu diusulkan ke DPP melalui DPD. Saat ini, kami juga masih menunggu,” jelasnya.

Seusai pelantikan yang digelar hari ini, nama empat pimpinan dari keempat partai harus diputuskan sebelum dilakukan pelantikan secara tersendiri. Para pimpinan itulah yang nantinya akan memimpin pembentukan alat kelengkapan DPRD seperti badan musyawarah, komisi-komisi, badan legislasi, badan anggaran, serta badan kehormatan. Selain itu, fraksi-fraksi juga akan terbentuk seiring pelantikan hari ini selesai digelar. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Mahrus Sholih