Faida Dukung Status IAIN Jadi UIN KH Achmad Siddiq

Harus Jadi Inspirasi Anak Cucu

Bupati Jember dr Hj Faida MMR

RADAR JEMBER.ID – Pemerintah Kabupaten Jember merespons positif rencana perubahan nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) KH Achmad Siddiq. Dukungan terhadap usulan alih status yang ditambah nama tokoh besar tersebut langsung disampaikan Bupati Jember dr Hj Faida MMR.

IKLAN

Faida menyebut, IAIN Jember merupakan perguruan tinggi yang konsisten mengangkat citra Islam. Untuk itu, dalam rencana perubahan alih status yang ditambah dengan nama tokoh tersebut benar-benar pantas. Apalagi, nama yang diusulkan juga merupakan tokoh yang jasa-jasanya memberi manfaat bagi banyak orang.

“Nama IAIN menjadi UIN KH Achmad Siddiq sangat layak, ya. Apalagi, IAIN ini nuansa perguruan tinggi Islam. KH Achmad Siddiq adalah tokoh sesepuh di sini, beliau kiai, jadi sudah cocok sekali,” tegas Bupati Faida kepada wartawan Radarjember.id.

Menurutnya, KH Achmag Siddiq bukan hanya kiai biasa. Jasa-jasa semasa hidupnya bukan hanya dapat dirasakan warga Jember, tetapi juga warga seluruh Indonesia. “Beliau sangat berjasa untuk Jember dan Indonesia. Pemerintah juga sedang mempersiapkan gelar Pahlawan Nasional untuk KH Achmad Siddiq,” paparnya.

Perjuangan serta jasa-jasa KH Achmad Siddiq, menurut Faida, sudah harus menjadi bagian dari penyemangat warga Jember. “Jadi, sudah selayaknya, bukan hanya sebagai tetenger, tetapi sebagai penyemangat dan inspirasi anak cucu kita,” jelasnya.

Sementara itu, disinggung terkait rencana alih status IAIN menjadi UIN KH Achmad Siddiq, Faida menegaskan pemerintah mendukung sepenuhnya. “Itu kan prosesnya melalui persetujuan dan rekomendasi Bupati Kabupaten Jember. Tanpa rekomendasi pemerintah daerah tidak jalan, daerah mendukung baru itu prosesnya bisa dilanjutkan,” ujarnya.

Lebih jauh, pada saat pemaparan usulan nama tersebut, bupati sudah diminta mendampingi. Akan tetapi, karena banyak kegiatan yang tak bisa ditinggal, sehingga tak berkesempatan mendampingi moment pemaparan. Meski demikian, Pemkab Jember terus mengawal perubahan alih status dari IAIN menjadi UIN KH Achmad Siddiq. “Proses itu dikawal bersama dengan Pemkab Jember. Termasuk pemilihan namanya juga dikomunikasikan,” pungkasnya.

Data yang berhasil dikumpulkan, rencana penambahan nama tersebut sudah proses usulan dari IAIN untuk bisa menjadi UIN KH Achmad Siddiq. Nama KH Achmad Siddiq sendiri diketahui merupakan salah satu tokoh pendiri kampus IAIN Jember. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono