Dongkrak Ritel Lebih Maju

AUDIENSI EKONOMI: Beberapa pelaku usaha ritel berdialog dengan pejabat dari Dinas Koperasi dan UMKM Pemkab Jember

RADAR JEMBER.ID – Perkembangan dunia ritel tak bisa disepelekan. Apalagi, bisnis ini mampu mendongkrak perekonomian warga kecil. Semua merambah dari kota sampai ke desa-desa kecil. Karena itulah, Dinas Koperasi dan UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro) bertekad mendukung penuh perkembangan ritel ini.

IKLAN

Hal itu mengemuka dalam dialog antara pelaku ritel yakni paguyuban SRC (Sampoerna Retail Community) di Jember dengan Dinas Koperasi dan UMKM, kemarin (20/5). ”Saya tahu, ternyata perkembangan ritel ini sangat pesat. Kami akan mendukung kemajuan ritel ini,” kata Haris Muslimin, sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, kemarin.

Baginya, sebuah paguyuban semacam SRC adalah sesuatu hal yang baru dan menarik. ”Kami juga ada paguyuban UMKM yang jumlahnya sekitar 22 buah,” jelasnya.

Menurut Haris, langkah SRC adalah sebuah terobosan luar biasa. Sebab, binaan PT HM Sampoerna ternyata ini tak hanya bergerak di bidang penjualan. Namun, juga fokus ke pembinaan pedagang (pemilik toko) untuk  mengembangkan usaha pendukung lainnya. Seperti menciptakan sebuah produk olahan yang bisa menghasilkan.

”Saya juga berharap, lewat SRC juga mengedepankan sebuah produk lokal, dan produk lain dari warga sekitar,” lanjutnya.

Sementara itu, Rukif Budiman, Manager Area Retail Executive (MARE) Jember dalam dialog itu menyebut, audiensi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Jember adalah langkah untuk lebih memperkenalkan SRC ke masyarakat Jember dan sekitarnya. Apalagi, SRC adalah sebuah paguyuban yang lebih menasional, dengan anggotanya lebih dari 100.000.

”Di Jember sendiri lebih dari 500 toko yang berada di bawah  paguyuban SRC. Ini gerakan ekonomi rakyat. Hadir sebagai UMKM, semoga bisa dibantu oleh pemerintah,” jelasnya.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh beberapa ketua paguyuban yang ada di wilayah kabupaten. Antara lain Hj. Lulik (toko H. Ashari Patrang), Anis Pancawati (BMP Mart Kaliwates), Ning (SRC Hadi Sumbersari), Bambang (SRC Windi Rambipuji), dan Heri (Az Zahra Sumberbaru). Pertemuan selama dua jam tersebut juga berlangsung dengan penuh keakraban. (*)

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono