Diam di Rumah dan Jangan Kembali ke Lapas

Wabup Lepaskan 10 Napi Asimilasi

BEBAS: Wabup Jember Drs KH A Muqit Arief saat memberikan bantuan uang tunai kepada napi asimilasi Lapas Kelas II A Jember sebelum mereka pulang ke rumah masing-masing.

PATRANG.RADARJEMBER.ID- Wakil Bupati Jember Drs KH A Muqit Arief berharap, nara pidana (napi) yang telah bebas untuk tetap tinggal di rumah selama masa pandemi Covid -19. Hal itu disampaikan Wabup saat melepas napi asimiliasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jember, Rabu (20/5). Sedikitnya, ada 10 napi yang mendapat program pembauran tersebut.

IKLAN

“Berbahagialah Anda yang pada hari ini bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Tapi jangan keluar rumah agar Anda tidak tertular virus korona,” pesannya.

Selain itu, pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Karangharjo, Kecamatan Silo tersebut meminta agar mereka tak mengulangi kembali tindak kejahatan yang pernah dilakukan. Karena hal itu akan menambah kesedihan keluarga di rumah.

“Ketika kalian hari ini dibebaskan dari lapas tentu sangat dirasakan ada hal istimewa. Dan itu baru ada di Kabupaten Jember,” tuturnya. Sebab, Wabup menambahkan, pemerintah daerah menyediakan angkutan untuk pulang ke rumah.Selain itu, para napi tersebut juga mendapat paket sembako dan uang untuk digunakan belanja kebutuhan Lebaran nanti.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Jember Yandi Sutandi menjelaskan, tercatat ada 282 orang warga binaan yang mendapatkan program asimilasi menjelang Idul Fitri 1441 H ini. “Kami menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah daerah karena telah memiliki kepedulian besar terhadap mereka. Semoga hal ini akan memberikan penyadaran agar mereka tidak memiliki keinginan kembali lagi ke lapas,” terangnya. (kl)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih