Alhamdulillah, 12 Pasien Sembuh

SEMBUH : Kepala Dinas Kesehatan dr Bayu Wibowo mengumumkan bahwa 12 pasien positif Covid-19 telah sembuh, tadi malam. Praktis pasien korona yang belum sembuh tinggal 16 orang.

DITOTRUNAN, RADARJEMBER.ID – Sebanyak 12 pasien positif Covid-19 akhirnya dinyatakan sembuh dari penyakitnya. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, Bayu Wibowo. Namun dirinya tetap meminta warga untuk waspada. Sebab, dengan banyaknya kelonggaran beraktivitas ketika menjelang Lebaran, potensi penularan bisa kembali meningkat.

IKLAN

Saat ini jumlah pasien yang dinyatakan positif korona sebanyak 32 orang. Dari jumlah tersebut, 16 di antaranya masih menjalani isolasi. Sedangkan empat pasien lainnya telah meninggal dalam perawatan. Harapannya kesembuhan pasien-pasien yang sedang menjalani isolasi ini bisa menyusul, supaya grafiknya terus menurun.

Bayu Wibowo menjelaskan, seluruh pasien yang sembuh telah melewati hasil swab negatif dua kali secara berturut-turut. Praktis secara medis mereka dinyatakan sudah dapat beraktivitas seperti semula. Namun sebelum itu, mereka tetap menjalani isolasi selama 14 hari.

“Sebagian besar sudah dinyatakan selesai menjalani isolasi. Karena rata-rata sudah diambil swab dua minggu lalu. Sehingga mereka bisa sudah dinyatakan sembuh dan bisa melakukan aktivitas keluar dari isolasi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, mereka yang sudah sembuh ini perlu mendapat dukungan seluruh pihak. Baik dari pihak keluarga, tetangga sekitar maupun pemerintah desa. Tujuannya agar mereka bisa kembali percaya diri. “Jangan dikucilkan, hargai usaha mereka dalam meraih kesembuhan,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haryoto, Halimi Maksum menambahkan, untuk pasien lainnya diharapkan rutin mengikuti saran tenaga medis. Sebab, harapan untuk sembuh sangat besar. “Semoga ini bisa memberikan semangat pada kelurga, bahwa pasien yang tetular virus korona bisa sembuh,” pungkasnya.

 

Reporter : Atieqson Mar Iqbal

Fotografer : Atieqson Mar Iqbal

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti