Ajak Generasi Muda Berwirausaha

KEPEDULIAN TINGGI: Meskipun kelompok pemuda yang memiliki bisnis, namun mereka tidak pernah melupakan untuk berbagi dengan sesama.

RADARJEMBER.ID – Semangat kemandirian dibangun HIPMI mengajak anak muda untuk aktif dalam entrepreneurship. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mendirikan HIPMI di tingkat perguruan tinggi. Seperti HIPMI PT Unej dan IAIN Jember. Para mahasiswa tertarik ikut bergabung dan memulai untuk merintis usaha. Semakin lama, ketertarikan itu diikut oleh mahasiswa lainnya. Bahkan, beberapa mahasiswa yang bergabung meraih beberapa juara dalam lomba bisnis.

IKLAN

Salah satunya adalah tim dari HIPMI PT Unej yang meraih juara dua dalam kompetisi business plan tingkat Asia Tenggara di Gontor. Prestasi itu menunjukkan bahwa minat dan bakat pemuda untuk berkiprah di bidang wirausaha cukup tinggi. “Itu juara tingkat Asia Tenggara,” tegas Agusta, Ketua HIPMI Jember. Kendati masih sebagai mahasiswa, aktivitas di HIPMI tidak menganggu kegiatan mereka.

Mereka tetap menyelesaikan kewajibannya sebagai mahasiswa dan memanfaatkan waktu luang untuk berbisnis. Untuk itulah, HIPMI memiliki tugas untuk mendukung dan mengayomi para pemuda yang bergerak di bidang bisnis. HIPMI membimbing agar  usaha para pemuda ini sukses. Banyak cara yang dilakukan HIPMI menciptakan entrepreneur baru di kalangan anak muda.

Salah satunya melalui kegiatan sharing bisnis usaha kamu (Sabu) dilakukan setiap Selasa. Wadah itu menjadi klinik untuk membahas solusi yang dihadapi calon pengusaha. Masalah yang didapatkan dalam memulai usaha dibahas bersama. Terutama para senior yang berpengalaman, membagi pengalamannya tentang mengatasi kendala. “Yang senior membantu yang junior,” tandasnya.

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Rangga Mahardika