Jangan Sepelekan Lampu Belakang

Lampu Mati, Dua Motor Dihantam Bus

REMUK: Kondisi bagian depan bus yang rusak setelah menabrak dua sepeda motor di Jalan Raya Umum Otto Iskandar Dinata, Dusun Klanceng, Desa/Kecamatan Ajung, Sabtu (18/1) malam lalu.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Bagi pengendara roda dua maupun roda empat, jangan lupa mengecek kondisi kendaraan Anda sebelum digunakan. Termasuk mengecek apakah lampu depan dan belakang masih berfungsi optimal. Sebab, jika tak dinyalakan, risiko kecelakaan tentu akan mengintai.

IKLAN

Seperti yang dialami Musta’in, 20, yang membonceng M Samsul Arifin, 20, dengan motor Yamaha Mio bernopol DK 7672 DI. Karena lampu belakangnya mati, keduanya menjadi korban setelah ditabrak bus bernopol P 7016 UK. Tak hanya Musta’in dan Samsul, kecelakaan ini juga melibatkan pengendara motor Honda Scoopy bernopol P 3097 R yang dikendarai Donna Essa Waharini, 20, dan Minul Mar’atus Soleha, 21.

Kecelakaan beruntun yang terjadi di Jalan Raya Umum Otto Iskandar Dinata, tepatnya di Dusun Klanceng, Desa/Kecamatan Ajung, Sabtu (18/01) malam lalu, mengakibatkan tiga orang mengalami luka cukup serius dan harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit. Kecelakaan bermula saat bus yang dikemudikan Abdul Rozak, 42, warga Jalan KH Hasan Basri Gang Bayusari, Kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, melaju dengan kecepatan sedang dari arah utara.

Di depan bus ini terdapat dua sepeda motor yang sama-sama melaju searah dengan bus, masing-masing Yamaha Mio DK 7672 DI dan Honda Scoopy P 3097 R. Ketika berada di lokasi kejadian, bus berusaha mendahului Scoopy. Namun, sopir bus terkejut saat di depannya ada Yamaha Mio dengan kondisi lampu belakang mati. Tak ayal, pengemudi bus langsung banting setir ke kiri hingga membentur Scoopy, dan selanjutnya menabrak Mio hingga seluruh pengendara motor sama-sama jatuh.

Tiga korban, yakni Musta’in, M Samsul Arifin, dan Minul Mar’atus Soleha, mengalami luka cukup serius. Mereka langsung dilarikan ke RSU Kaliwates untuk menjalani perawatan medis. Sementara itu, Donna Essa Waharini hanya mengalami luka ringan.

Kanit Laka Lantas Polres Jember Ipda Hery Yuliawan menyimpulkan dari hasil olah TKP dan keterangan sejumlah saksi, kecelakaan terjadi karena kelalaian pengendara Mio yang lampu belakangnya mati. “Semua kendaraan yang terlibat sudah kita amankan guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti