Jember Dapat Penghargaan Nasional Pengelolaan Irigasi Terbaik

Plt Kepala PU Bina Marga dan SDA ir Rasyid Zakaria (dua dari Kanan) bersama Bupati Jember dr Hj Faida MMR (tengah) saat menerima penghargaan nasional di Padang

SUMATERABARAT RADARJEMBER.ID  – Penghargaan nasional kembali ditorehkan di era Bupati Jember dr Hj Faida MMR dan Wakil Bupati Jember Drs KH Muqit Arief. Kali ini, Jember menerima penghargaaan sebagai salah satu kabupaten terbaik di tingkat nasional dalam bidang Pelaksana Operasi dan Pemeliharaan Irigasi atau Sumber Daya Air (SDA) tahun 2017.

Bupati Jember dr Hj Faida MMR menerima penghargaan nasional daerah dengan pengelolaan irigasi terbaik se Indonesia.
IKLAN

Penghargaan ini diterima langsung Bupati Jember dr Hj Faida MMR pada acara Konsultasi Regional (Konreg) Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Wilayah Barat di Padang Sumatera Barat, Selasa (18/9/2018) sekitar  pukul 20.00.

Menurut Bambang Heri Mulyono, tim penilai dari Kementerian PU, Kabupaten Jember terpilih sebagai yang terbaik setelah memenuhi 7 kriteria yang ditentukan panitia Kriteria yang pertama adalah luas kewenangan. Semakin luas menangani irigasi, nilainya semakin tinggi. “Kedua, kepedulian pemerintah daerahnya,” ujar Bambang

Kriteria lainnya,  adanya penyediaan dana operasi dan pemeliharaan irigasi. Kemudian keempat adalah indeks besarnya pertanaman total. Termasuk kondisi jaringan irigasi dan kinerja sistem irigasi. Serta ketersediaan tenaga operasi dan pemeliharaan irigasi seperti seorang penjaga pintu air.

Terkait penghargaan tersebut Bupati Jember dr Hj Faida MMR,  kepedulian pemerintah daerah untuk operasi dan pemeliharaan irigasi telah dibuktikan dengan ditingkatkannya anggaran untuk operasi dan pemeliharaan sebesar Rp 43 miliar tahun 2017.

“Untuk menjaga kesejahteraan petani maka, jaringan irigasi harus dipelihara,” ujar bupati.

Penghargaan sebagai pelaksana operasi dan pemeliharaan irigasi terbaik baru pertama diterima Jember di level kabupaten. Sebelumnya, Kabupaten Jember mendapat penghargaan di bidang yang sama, yakni pengairan dan PU dalam kategori luasan irigasi.

Sementara itu, Plt Kepala PU dan Sumber Daya Air Pemkab Jember ir Rasyid Zakaria menjelaskan, penghargaan tersebut memang layak diberikan kepada Jember. Sebab berbagai kriteria penilaian sudah memenuhi syarat. Termasuk perhatian Bupati dalam mengalokasikan dana untuk pengelolaan irigasi juga cukup besar.

“Penghargaan yang diberikan ini hanya 10 kabupaten kota se Indonesia yang mendapatkan,” ujarnya. (*)

Penulis: Winardi Nawa Putra
Fotografer: Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :