Truk Gandeng Sarat Muatan Terguling di Gumitir

TERGULING: Truk gandeng sarat muatan tergulir di KM 37 jalur Gumitir. Kecelakaan ini karena sang sopir menghindari tabrakan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Lagi-lagi kecelakaan akibat menghindari tabrakan dengan kendaraan lain terjadi di jalur Gumitir. Tepatnya di KM 37, Dusun Gumitir, Desa Sodomulyo, Kecamatan Silo, Kamis (18/7) pukul 15.00.

IKLAN

Beruntung hanya bagian gandengannya saja yang terguling, sehingga peristiwa itu tidak sampai memacetkan kendaraan dari dua arah, Jember dan Banyuwagi.

Sebelum terguling, truk gandeng yang disopiri Sugiman, 58, warga Dusun Krajan 1, Desa/Kecamatan Gambiran Banyuwangi itu berjalan dari arah Jember ke Banyuwangi. “Sesampai di TKP, truk penuh muatan puluhan ton pakan ternak berpapasan dengan mobil tangki dari arah berlawanan,” ujar Ipda Suparman, Kanitlantas Polsek Silo.

Karena takut bertabrakan dengan truk tangki, sopir truk langsung banting setir ke kiri. Akibatnya kendaraan itu oleng. Bagian gandengannya lantas terguling ke tebing Gumitir. “Karena posisi masih di kiri jalan maka jalur Jember – Banyuwagi tidak terganggu,” ujarnya.

Untuk mengevakuasi bagian gandengan yang penuh muatan, sejumlah orang langsung memindah pakan ternak itu ke truk lain. Baru setelah barang muatan kosong, gandengannya ditarik dengan truk lain hingga posisinya normal kembali.

Sementara, untuk menghindari kemacetan, polisi menerapkan sistem buka-tutup. Kendaraan dari dua arah melaju secara bergantian. “Proses evakuasi berlangsung hingga Kamis malam,” pungkas Suparman. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih