Lebih Banyak yang Menggadaikan

PELUNASAN BARANG MENURUN: Pegadaian kini menerima banyak barang yang digadaikan dari masyarakat saat wabah virus korona.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pandemi Covid-19 belum kunjung reda. Wabah virus korona ini tentu berdampak terhadap berkurangnya pendapatan para pekerja. Tak terkecuali juga di Jember. Sebagian dari yang terdampak memilih untuk menggadaikan barangnya guna tetap bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

IKLAN

Apalagi kini tinggal beberapa hari saja menjelang Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat yang melakukan pelunasan di Pegadaian Jember pun menurun ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan Indah Rustiniwati, pimpinan Pegadaian Cabang Jember.

“Biasanya menjelang Lebaran, animo masyarakat untuk melakukan pelunasan atau mengambil barangnya cukup banyak. Sebab, biasanya mereka mendapat dana dari tunjangan hari raya (THR) atau tabungan hari raya lainnya sehingga bisa melakukan pelunasan di pegadaian,” jelas Indah.

Namun, tahun ini berbeda lantaran masih dalam situasi dan kondisi pandemi virus korona. Dirinya mengaku, lebih banyak masyarakat yang menggadaikan barangnya daripada melakukan pelunasan. “Ya, karena adanya pandemi virus korona ini,” imbuhnya.

Meski demikian, lanjut Indah, tingkat pelunasan di bulan ini lebih banyak jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. “Saat kondisi seperti sekarang, tidak hanya gadai. Ternyata masyarakat masih banyak yang memanfaatkan produk-produk pegadaian lainnya,” lanjut Indah.

Oleh karena itu, pihaknya pun tetap optimistis dapat mencapai target pada tahun ini. Sebab, hingga bulan Mei ini, pihaknya sudah mampu memenuhi target sekitar 93 persen dari total Rp 90 miliar.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti