Tips Membawa Kamera agar Aman Saat Dibawa Bepergian

Menyimpan kamera untuk dibawa bepergian tidak boleh sembarangan karena banyak komponen sensitif yang berpotensi rusak juga terkena guncangan.

BAGI kamu yang suka mengabadikan momen bepergian, kamera pasti jadi hal wajib yang tidak boleh tertinggal. Terlebih lagi untuk perjalanan berlibur, sayang rasanya kalau tidak menggunakan kamera untuk mengabadikan momen dan pemandangan indah di tempat liburan. Nah, hal yang tidak kalah penting adalah cara menjaga kamera agar tetap aman untuk dibawa sepanjang perjalanan.

  1. Pasang Semua Komponen Kamera dengan Benar
IKLAN

Beberapa komponen kameramu akan berpotensi rusak jika pemasangannya asal-asalan. Kenop kamera, penutup lensa, penutup baterai, dan slot memory card bisa saja rusak akibat guncangan yang tidak disengaja jika pemasangannya tidak benar.

Penting untuk memastikan semua komponen kamera terpasang baik. Hindari pemasangan yang asal-asalan atau terburu-buru. Persiapkan waktu packing kamera dengan santai agar semua komponennya benar-benar sudah aman untuk dibawa bepergian.

  1. Lepas Baterai dan Memori Card

Nah, penting untuk memastikan bagian penutup baterai dan slot memory card. Beberapa sumber mengatakan bahwa sebaiknya baterai kamera dilepas saja dari tempatnya. Hal ini menghindari kamera tidak sengaja menyala saat tombol power kameranya tertekan. Nah, baterai juga tidak akan habis percuma karena tidak sengaja menyala tanpa kamu ketahui.

  1. Lepaskan Lensa dari Bodi Kamera

Jika kamu ingin membawa lensa kamera tambahan, sebaiknya semua lensa memang dilepas saja dari bagian bodinya. Siapkan kompartemen khusus untuk menyimpan semua lensa kamera yang kamu bawa. Jadi, lensa tidak akan bergesekan dengan komponen kamera saat kamu berada di perjalanan. Sebagai tambahan, kamu juga perlu menyiapkan alat pembersih lensa untuk berjaga-jaga apabila lensa terkena percikan air atau noda debu.

  1. Simpan di Dalam Tas dengan Bantalan Empuk

Menyimpan kamera di dalam tas sebenarnya cukup tricky. Meskipun begitu, ini memang satu-satunya cara yang aman saat kamu memutuskan untuk membawa kamera dengan aman selama traveling. Pastikan tas yang kamu pakai memiliki bantalan empuk yang muat dengan pas untuk menyimpan kameramu. Ya, kalau bantalannya longgar, ada kemungkinan komponen seperti lensa atau penutupnya terguncang dan lepas, lalu menggores bagian-bagian kamera yang sentitif.

  1. Kemas untuk Penyimpanan Bagasi Kabin

Kalau kamu pakai pesawat, sebisa mungkin kameranya dikemas di dalam tas yang memang bisa masuk ke dalam bagasi kabin. Ya, kalau bisa sih, sekalian semua barang bawaan bisa disimpan ke dalam bagasi kabin biar enggak perlu bayar biaya lebih banyak. Ya, enggak seperti bayar pascabayar yang sudah bisa dilakukan online, beli bagasi dadakan di bandara bikin kamu antre lebih lama. Memang sih, kamu bisa lebih hemat waktu kalau sudah beli bagasi ekstra di online travel agent seperti Traveloka, tapi lebih cepat lagi kalau tinggal boarding saja.

Pastikan untuk menyiapkan semua barang bawaan dengan aman dan tidak merusak komponen kamera, ya. Akan lebih baik apabila kamu memang punya tas kamera khusus yang bisa dibawa selama perjalanan.

Reporter :

Fotografer :

Editor :