Pertengahan Ramadan Harga Sayur Stabil

MULAI STABIL: Seorang pedagang sayur di Pasar Tanjung sedang membersihkan barang dagangannya. Di pertengahan Ramadan ini, harga sayur di pasar induk Jember tersebut mulai stabil.

RADARJEMBER.ID – Memasuki pertengahan Ramadan, sejumlah bahan pokok kembali normal. Harga bahan pokok yang mengalami kenaikan menjelang awal puasa yang sempat naik, kini telah berangsur stabil. Salah satunya adalah harga sayur mayur.

IKLAN

Menurut Indah, pedagang semi bahan pokok di Pasar Tanjung, Jember, saat ini harga sayuran jenis kol semula Rp 8 ribu turun menjadi Rp 5 ribu per Kg, brokoli dari Rp 30 ribu menjadi Rp 28 ribu per Kg, dan wortel dari semula Rp 12 ribu menjadi 10 ribu per Kg. “Sudah turun, tidak seperi awal-awal puasa,” tutur

Indah mengatakan, turunnya sejumlah komoditi sayuran itu lantaran saat ini masih berada di pertengahan puasa. Namun, jika sudah mendekati lebaran, Indah memprediksi harga sayur mayur itu bakal kembali naik. “Mungkin masih pertengahan puasa jadi belum terlalu tinggi. Kalau tahun lalu juga gitu. Naik lagi seminggu sebelum lebaran,” ujarnya.

Momen hari-hari besar, Indah menambahkan, memang sering berdampak pada harga yang tidak stabil. Sehingga sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami naik turun yang begitu cepat. “Tapi untuk tahun ini harganya tidak mengalami peningkatan yang tinggi seperti puasa tahun kemarin,” imbuhnya.

Kendati begitu, lanjutnya, permintaan sayur-mayur tahun ini meningkat bila dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun peningkatan kebutuhan itu masih pada skala normal. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih