UM Jember Adakan Summer Camp Bersama Tiga Negara.

KENALKAN BUDAYA: Salah satu kegiatan Summer Camp yang diselenggarakan oleh UM Jember.

RADAR JEMBER.ID – Kantor Urusan Internasional (KUI) dan Hubungan Masyarakat (HUMAS) Universitas Muhammadiyah Jember menggelar Summer Camp bersama tiga negara. Yakni Jepang, Thailand, dan Indonesia, dengan total 13 orang peserta. Kegiatan itu dilakukan mulai 16 hingga 21 Juli 2019.

IKLAN

Nurul F Fauzi selaku kepala Unit KUI dan Humas mengatakan, tema Summer Camp itu adalah Explore Pendhalungan. Kegiatan  Internasional itu kali pertama digelar oleh UM Jember. Tujuannya agar dapat merasakan gerakan internasionalisasi yang diciptakan oleh Kantor Urusan Internasional dan Humas.

“Kami ingin mengenalkan Budaya Pendhalungan dan pariwisata  Jember kepada dunia, khususnya mahasiswa internasional,” ucpanya. Kegiatan ini hasil kerja sama dengan banyak mitra, mulai dari Pemerintah Kabupaten Jember, Dinas Pariwisata, Puslit Kopi dan Kakao, Batik Notohadinegoro, Pesona Jember, JFC, Museum Tembakao, serta Rumah Pandhalungan. Peserta juga akan dikemahkan di Desa Watukebo untuk mengeksplorasi kegiatan masyarakat desa.

Selama  sepekan, para peserta akan diajak untuk belajar dan mengeksplorasi tentang Jember. Untuk mengetahui ragam budaya yang ada di Jember.  Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UM Jember Dr Ir Muhammad Hazmi DESS serta dihadiri oleh  para pimpinan rektorat. “Mereka juga akan dibawa berkeliling lingkungan akademik UM Jember dan pusat budaya unggulan Kabupaten Jember,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan itu diharapkan bisa dilakukan setiap tahun dengan tema-tema yang berbeda.  Bisa memberi banyak dampak positif untuk seluruh civitas academica UM Jember.

KUI merupakan unit yang menangani kerja sama nasional dan internasional serta kehumasan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember. Mahasiswa asing yang studi lanjut di UM Jember menjadi jembatan bagi mahasiswa dan dosen dalam keikutsertaan di kegiatan-kegiatan internasional.

Nurul F Fauzi menambahkan, ada beberapa target yang diinginkan dari kegiatan ini. Yakni terciptanya atmosfer internasionalisasi di lingkungan UM Jember serta peserta mengenal Budaya Pendhalungan dan objek-objek wisata di Kabupaten Jember. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi