Akta dan KK Luar Kota, Tak Bisa Legalisasi

“Rumah saya Indramayu, apa harus pulang untuk legalisasi akta dan KK.”Fahrul Arifyanto, warga yang berdomisili di Kaliurang, Sumbersari.

JALAN BUNTU: Fahrul, asal luar kota, kebingungan karena tidak bisa melegalisasi akta kelahiran anak dan KK-nya di Dispendukcapil, Jember

RADAR JEMBER.ID – Fahrul Arifyanto, warga yang tinggal di Lingkungan Kaliurang, Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, sedikit emosi ketika harus mengurus legalisasi KK di Dispendukcapil Jember. Sebab, dia tak menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya. Yakni mengurus legalisasi KK untuk mendaftarkan anaknya ke SMP.

IKLAN

Fahrul yang datang bersama keluarganya tampak kebingungan. Sebab, salah satu  persyaratan pendaftaran sekolah anaknya  harus menyertakan legalisasi akta kelahiran dan legalisasi kartu keluarga (KK). Sementara itu, akta dan KK-nya masih beralamatkan di  Indramayu, Jawa Barat.

“Akta anak saya juga Indramayu,” tegasnya. Lantaran akta anak dan KK-nya beralamatkan Indramayu, kontan pegawai Dispendukcapil Jember tidak memberikan legalisasi seperti yang diharapkan. Dia pun mengaku butuh solusi agar putranya bisa daftar sekolah.

“Rumah saya Indramayu, apa harus pulang ke Jabar hanya untuk legalisasi akta dan KK?” tanya Fahrul. Dia juga sempat bertanya kepada petugas Dispenduk apakah tidak bisa dilakukan legalisasi daring untuk akta dan KK tersebut. Sayangnya, harapan itu juga kandas karena kewenangan legalisasi KK dan akta ada pada Dispendukcapil di kabupaten/kota asal.

Fahrul dan keluarganya pun balik arah dan meninggalkan halaman kantor Dispendukcapil Jember. Fahrul saat itu benar-benar mengharapkan ada solusi agar anaknya bisa daftar sekolah. “Mau daftar di SMPN 3 Jember, tetapi terkendala legalisasi itu,” keluhnya.

Menanggapi persoalan tersebut, Sekretaris Dispendukcapil Jember Dariyanto mengatakan, warga yang ber-KK luar kota dan akta luar Jember tidak bisa dilayani legalisasinya. Akan tetapi, bila ber-KK Jember dan akta kelahiran luar kota, maka dinas masih bisa melegalisasi akta dengan catatan diizinkan oleh Dispendukcapil asal. “Surat permohonan izinnya dikirim melalui pos,” ucapnya.

Apa yang disampaikan Sekretaris Dispendukcapil berarti tak ada solusi untuk Fahrul. Jawaban tersebut mengharuskan Fahrul untuk meminta legalisasi KK dan legalisasi akta kelahiran anaknya ke Indramayu, Jawa Barat. Tetapi, apa keluarga Fahrul harus pulang ke Indramayu?

Penelusuran Radarjember.id, salah satu solusi sementara untuk siswa asal luar kota, KK dan akta luar kota, disampaikan Kepala SMPN 7 Jember sekaligus Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Jember Syaiful Bahri. Menurutnya, kasus yang demikian  tetap diterima dengan membawa surat keterangan domisili dan surat keterangan lahir dari kelurarahan atau desa tempat domisilinya yang  sekarang.

Menurutnya, semangat sekolah yaitu harus membantu siswa dengan ketentuan yang ada. Tetapi, untuk kasus tertentu bisa diterima sementara dengan surat pengantar atau keterangan kelurahan/desa. “Kalau ada anak aktanya luar kota, kemudian KK-nya luar kota, solusinya bisa minta keterangan domisili dan keterangan lahir dari desa/kelurahan. Itu solusi sementara. Pesan saya, jangan ada sekolah yang bermain uang,” tandasnya (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor :