PT KAI Cek Kesiapan Lokomotif untuk Lebaran

CEK KONDISI LOKO: Bagian teknisi di Depo PT KAI Daop IX Jember melakukan pengecekan pada lokomotif untuk persiapan angkutan Lebaran 1440 H.

RADAR JEMBER.ID – Menjelang arus mudik, PT KAI Daop 9 Jember kerja ekstra untuk mengecek keamanan lokomotif. Dengan demikian, penumpang yang akan melakukan mudik Lebaran tahun ini benar-benar dijamin aman selama perjalanan. Seperti yang dilakukan bagian Teknisi Depo Lokomotif PT KAI di Jalan Mawar, Patrang, Jumat (17/5) kemarin.

IKLAN

Didampingi Humas PT KAI Lukman, Kepala Depo Lokomotif PT KAI Daop 9 Jember Samsul Arifin mengatakan, saat ini sudah dilakukan pengecekan secara rutin seluruh lokomotif. Mulai dari penganginan, motor diesel, sistem kelistrikan, hingga pada bagian rongga bawah. Perawatan itu ada yang harian ada yang perawatan bulanan.

Pihaknya menyiapkan angkutan yang benar-benar andal. ”Jangan sampai ada gangguan di lintas jalan. Karena kami juga tidak boleh mengecewakan pelanggan. Pelanggan kan banyak, sehingga masyarakat itu senang di awal sampai akhir tujuan pemberangkatan lancar tidak ada gangguan,” kata Samsul Arifin.

Secara teknik, pengecekan berpedoman pada sistem angin, sistem motor diselnya, dan kelistrikan. “Yang terpenting, di bagian rangka bawah harus betul-betul ekstra. Maka kalau kami melakukan perawatan, kami selalu mentitikberatkan pada tim yang rangka bawah itu lebih banyak,” katanya.

Untuk tim di bagian rangka bawah ada 4 personel. Sementara bagian atas ada 2-3 personel.  “Jika tidak dirawat dengan baik, lokomotif bisa keluar dari rel atau jalur lintasan kereta api. Jelas hal itu membahayakan keselamatan penumpang,” pungkas Samsul. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Hadi Sumarsono