Biaya dari APBD Jember dan Provinsi

Mudik Lebaran Bisa Lebih Hemat

BUKA JAM KERJA: Warga yang ingin ikut mudik-balik secara gratis bisa langsung daftar ke Kantor Dishub.

RADAR JEMBER.ID – Mudik menjadi salah satu tradisi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Begitu pula setelahnya, akan ada arus balik. Nah, untuk bisa menghemat biaya, pemkab melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember menyiapkan sedikitnya sepuluh armada bus untuk mudik dan balik Lebaran.

IKLAN

Adanya penyiapan sepuluh armada bus tersebut disampaikan Kepala Dishub, Hadi Mulyono, kemarin (16/5). “Ada sepuluh bus yang khusus disiapkan untuk arus mudik dan balik,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Hadi menyebut, lima dari sepuluh armada bus yang disiapkan ini didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember tahun 2019. “Lima bus lagi dibantu atau didanai dari APBD Provinsi Jatim,” tegasnya.

Sementara itu, disinggung terkait rencana rute mudik dan balik, Hadi membeber ada sejumlah tujuan. Pertama yaitu mudik dari Jakarta menuju ke Jember, dan kedua mudik dari Jember ke Sumenep, Madura. “Jakarta-Jember akan dilaksanakan tanggal 1 Juni. Sedangkan Jember-Sumenep tanggal 2 Juni. Masing-masing untuk mudik hanya satu bus,” bebernya.

Selanjutnya, tujuh armada bus lainnya akan disiapkan untuk arus balik yang rencananya dilangsungkan pada 9 Juni mendatang. Khusus untuk satu bus, Hadi menyebut, akan mengambil rute Jember-Jogja. “Untuk sisanya juga tanggal 9 yaitu untuk arus balik dengan tujuan Jember-Surabaya,” papar Hadi.

Dengan prediksi hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 5-6 Juni, maka rencana arus mudik dan balik bisa dipastikan akan sampai tujuan dengan baik dan lancar. “Ini berlaku untuk masyarakat umum. Untuk pendaftarannya bisa langsung datang ke Kantor Dishub selama jam kerja atau menghubungi pegawai Dishub,” pungkasnya.

Untuk persyaratan pendaftaran, warga yang hendak mengikuti mudik dan balik tersebut wajib menyerahkan fotokopi KTP, KK, serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Nomor telepon menjadi salah satu syarat yang harus ada untuk memastikan jadwal keberangkatannya. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : nur hariri

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti