Jangan makan, minum, ataupun merokok di hadapan orang yang berpuasa.

Hargai Mereka yang Berpuasa

RADAR JEMBER.ID – Puasa memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Saat puasa, banyak di antara kita atau saudara-saudara kita yang kurang bisa menempatkan diri dalam menghargai orang yang berpuasa. Mereka leluasa menyuguhkan sesuatu yang membangkitkan rasa selera makan di depan orang puasa.

IKLAN

Hal itu sering dilakukan oleh pemilik warung makanan yang buka pada siang hari dengan ditutupi oleh beberapa helai kain. Hal itu seolah bukan lagi menjadi fenomena, namun telah menjadi adat yang telah membudaya dalam kurun puluhan tahun belakangan.

Padahal secara hukum, tidak sepatutnya sebagian dari kita menampakkan diri di depan orang yang berpuasa. Meskipun orang yang tengah makan atau minum itu berada cukup jauh dari jangkauan mata atau tertutupi kain.

Bahkan, ulama-ulama kita terdahulu lebih ekstrem lagi menghukumi hal itu sebagai haram. Sebab, dianggap telah menganggap remeh hukum-hukum Allah yang sudah benar disyariatkan melalui Nabi Muhammad Saw kepada seluruh umatnya. (Bahasa Jawa, ngece Allah SWT).

Setidaknya, jika hal itu memang menjadi kebutuhan yang mendesak, budayakan menjaga hal itu agar tidak tampak oleh mereka yang berpuasa. Jika tidak berpuasa karena halangan atau uzur yang dibenarkan oleh syariat, maka langkah terbaik adalah dengan tidak menampakkan diri di hadapan orang yang berpuasa. (*)

Reporter :

Fotografer : istimewa

Editor :