Lokasi Wisata Perlu Aturan Tegas

Siagakan Petugas Pengawas Protokol Kesehatan

RAMAI: Pantai Cemara, salah satu jujukan wisata di selatan Mojomulyo, Kecamatan Puger. Meski pandemi, cukup banyak pengunjung yang datang di pantai ini. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Telah dibukanya beberapa lokasi wisata harus disertai aturan tegas. Pemerintah daerah perlu menyiapkan petugas khusus yang berjaga di setiap tempat wisata. Khususnya terkait penerapan protokol kesehatan untuk para pengunjung. Sebab, di sejumlah tempat, masih mudah ditemui wisatawan yang abai terhadap protokol kesehatan.

Pinginnya baik-baik saja. Tapi ini kan sudah menjaga jarak,” kata Andre Setiawan, pengunjung Pantai Cemara di Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger. Saat diwawancarai Jawa Pos Radar Jember, dia kebetulan tidak mengenakan masker.

Masih banyaknya pengunjung yang tak menerapkan protokol kesehatan menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah. Sebab, di satu sisi, tumbuhnya sektor wisata juga berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang sempat lesu akibat terdampak wabah.

Meski begitu, upaya normalisasi pariwisata harus didukung oleh semua pihak, termasuk para pengunjung, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah pun diminta tegas agar menerapkan sanksi bagi para pelanggar. “Kalau pengunjung, hampir tidak pernah sepi. Selalu banyak yang datang,” ujar Ketang, pengelola wisata Pantai Cemara.

Selama ini, tempat wisata sering luput dari perhatian. Razia pelanggar protokol kesehatan hanya sering dilakukan di ruas-ruas jalan perkotaan Jember. Tidak sampai ke tempat-tempat wisata dan kawasan pinggiran. Padahal, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M Fadil Imran sudah mengampanyekan agar masyarakat disiplin dan mematuhi protokol kesehatan. Bahkan pesan dalam banner yang terpampang di persimpangan jalan itu, tertulis cukup besar “disiplin adalah vaksin korona”.

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Maulana
Fotografer: Jumai