Jalan Licin, Minibus Masuk Jurang

EVAKUASI: Petugas mengevakuasi mobil minibus yang masuk jurang akibat selip kala hujan deras di Jalan Raya Gumitir

RADAR JEMBER.ID – Ini peringatan kepada pengendara roda empat yang berkendara di tengah hujan deras untuk sebisa mungkin melaju dengan sangat berhati-hati. Sebab, jalan yang licin kerap menjadi penyebab kecelakaan. Seperti yang dialami Suharyanto, 61, warga Dusun Ringinmulyo, Desa/Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Mobil minibus bernopol DK 1662 QG yang dia kendarai mengalami selip dan masuk jurang, Selasa (16/7) pukul 02.00 kemarin.

IKLAN

Beruntung, Suharyanto yang saat itu berkendara sendirian hanya mengalami luka ringan. Informasi yang dihimpun Radarjember.id, sebelum kejadian kondisi jalan memang hujan deras dan berkabut sehingga jarak pandang sangat terbatas. “Memang ketika mulai naik jalur Gumitir hujan turun deras. Setelah melewati Cafe Gumitir sudah mulai berkabut, tapi saya tetap melanjutkan perjalanan,” terang Suharyadi yang saat itu berkendara menuju Banyuwangi.

Ketika melewati tikungan di pundak jalur Gumitir, mendadak Suharyadi kehilangan kendali atas mobilnya. Mobil yang dikemudikannya terasa mundur dan bergeser, dan tanpa disadari ban kiri belakangnya sudah keluar dari jalur beraspal. Karena jalan licin akibat hujan, laju mundur mobil minibus tersebut tak dapat dikendalikan hingga meluncur ke dalam jurang di KM 37. “Untungnya posisi saat masuk ke jurang berdiri, dan sabuk pengaman masih dipakai,” imbuhnya.

Dirinya yang hanya mengalami luka lecet langsung keluar dari mobil dan meminta pertolongan warga serta pengendara yang lewat jalur tersebut. Sementara itu, petugas Polsek Silo yang menerima laporan langsung menuju TKP. “Beruntung, kecelakaan tunggal itu tidak sampai mengganggu pengendara lainnya. Posisi mobil masuk ke jurang sedalam sekitar empat meter,” ujar Ipda Suparman, Kanilantas Polsek Silo.

Selanjutnya, mobil milik Suharyadi berhasil dievakuasi menggunakan mobil derek dari Banyuwangi. Proses evakuasi ini agak terganggu karena menjadi tontonan pengguna jalan yang mengambil gambar dan video. Setelah berhasil dievakuasi, mobil yang mengalami rusak di sisi kiri dan kaca belakang pecah ini langsung dibawa ke Banyuwangi. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti