Menteri Desa Eko Putro Sandjojo Lihat Hasil Padat Karya di Dusun Paddegan

Sholikhul Huda/Radar Ijen MENTERI DESA: Menteri Desa Eko Putro Sandjojo saat mengunjungi proyek padat karya di Dusun Paddegan, Desa Ramban Kulon, Kecamatan Cermee, kemarin.

BONDOWOSO – Menteri Desa (Mendes) Eko Putro Sandjojo melihat pembangunan Padat Karya Tunai (PKT) di Dusun Paddegan, Desa Ramban Kulon, Cermee, kemarin (16/7). Menteri bersama bupati dan anggota DPR RI melihat pembangunan jalan rabat. Hal itu untuk memastikan jalannya pembangunan di tingkat paling bawah dari anggaran dana desa (DD) Kemendes PDT berjalan sesuai rencana.

IKLAN

Eko Putro Sandjojo mengatakan, kedatangannya bermaksud untuk melihat dana desa yang terserap di tingkatan paling bawah. Saat dia datang, Bupati Amin Said Husni menerangkan bahwa dana desa di Bondowoso terserap bagus. “Tadi bupati melaporkan tahap satu dan tahap dua sudah terserat, kemudian saya juga melihat Padat Karya Tunai ini jalan,” jelasnya.

Lebih jauh, Mendes PDT Eko Putro Sandjojo mengecek para pekerja yang mengerjakan padat karya. Selain memberdayakan masyarakat setempat, program padat karya yang ditinjaunya itu juga memberikan hak gaji sesuai upah minimum pekerja (UMP) standar wilayah. “Diharapkan dengan adanya PKT ini masyarakat bisa mendapatkan income, sehingga bisa membangkitkan ekonomi lebih baik di desa-desa,” tegasnya.

Pihaknya juga mendengar selama 10 tahun ini, angka kemiskinan di Bondowoso juga sudah turun. Dari awalnya 22,23 persen menjadi 14,5 persen. Memang secara nasional, BPS merilis bahwa angka kemiskinan di Indonesia tinggal 10 persen.

Perlu diketahui, PKT merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dalam hal ini salah satunya adalah membangun jalan lingkungan.

Sementara Bupati Amin Said Husni mengatakan, dengan adanya kucuran dana desa (DD) dari pemerintah pusat, menjadikan percepatan pembangunan sangat bagus. Sehingga desa-desa di Bondowoso bisa melakukan percepatan pembangunan. Mulai dari pembangunan fisik, sampai pembangunan ekonomi. “Kami berterima kasih kepada Menteri Desa, lebih-lebih kepada Presiden Jokowi. Harapannya program ini terus ada dan bisa ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Pantauan Jawa Pos Radar Ijen, selain Bupati Amin, hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI Nihayatul Wafiroh, Kapolres AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, Plt Sekda Karna Suswandi, dan para pendamping desa dari Bondowoso, Situbondo, serta Banyuwangi. (hud/c2/aro)

Reporter :

Fotografer :

Editor :