Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru Tak Boleh Diplonco

Jumai/Radar Jember HALALBIHALAL : Siswa kelas 1 yang masuk pertama kali langsung halalbihalal bersama guru, staf, dan kepala sekolah.

JEMBER KOTA – Sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS). Namun, setelah terbitnya Permendikbud 18 tahun 2016, pemerintah mengubah sebutan itu jadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

IKLAN

Sejak kemarin, kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Jember M. Ghozali, MPLS digelar di setiap sekolah. Tegas dia menyebut, MPLS tak lagi seseram MOS. Sebab, perubahan nomenklatur tersebut, tujuan awalnya untuk mengubah paradigma masyarakat tentang angkernya MOS.

Mantan Kepala SMPN 1 Tanggul itu kembali menegaskan, selama tiga hari di awal pendidikan dimulai di masing-masing sekolah, dipastikan tak akan ada perploncoan siswa baru. “Biasanya dilakukan seniornya. Oleh karena itu, kami meminta guru ikut mengawasinya,” ujarnya.

Seperti fungsinya, MPLS difokuskan untuk mengenali potensi diri siswa baru. Selain itu, tentu untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah. “Termasuk menyamakan visi dan misi sekolah, supaya tujuan sekolah dan siswa baru sama,” imbuhnya.

Ghozali sempat membeberkan beberapa larangan yang dilakukan saat MPLS digelar. Seperti mewajibkan siswa baru membawa barang bermerek tertentu. Selain itu, tegas melarang memberi hukuman yang tak mendidik, bersifat fisik, apalagi sampai mengarah pada kekerasan. (Selengkapnya baca grafis).

Dia pun sepakat bahwa plonco sudah tidak zamannya lagi. Bahkan, cenderung mengarah pada pembodohan. Padahal, siswa disekolahkan supaya lebih cerdas dan tentunya memiliki karakter yang bisa diandalkan. “Jangan sampai perploncoan jadi tradisi warisan. Bisa menimbulkan kebencian junior dan senior,” terangnya.

Supaya tidak berkepanjangan, pihak dinas pun serius melakukan langkah pencegahan. Semisal masih ada yang kebobolan, korban maupun keluarganya bisa segera melapor. “Tidak boleh segan melapor ke guru di sekolah atau boleh langsung ke dinas,” pintanya. (rul/ram/jum/c2/hdi)

Reporter :

Fotografer :

Editor :