Siapkan Kapasitas BPD Sebelum Pilkades

MENYIMAK MATERI: Suasana pelatihan peningkatkan kapasitas BPD. Peserta pelatihan ini berasal dari perwakilan masing-masing desa di Kecamatan Semboro

RADARJEMBER.ID- Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Jember, beberapa kecamatan tengah bersiap diri. Salah satunya adalah Kecamatan Semboro. Pemerintah kecamatan ini menggelar pelatihan peningkatan kapasitas BPD. Rencananya, pilkades serentak akan digelar pada September 2019 mendatang.

IKLAN

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jember Moh Najib menjelaskan, BPD mempunyai peran penting pada saat pilkades. Salah satunya membentuk panitia. Bersama pemerintah desa, BPD juga memfasilitasi pelaksanaan ajang demokrasi tingkat desa.

“BPD juga turut andil dalam pembahasan dan penyepakatan rancangan peraturan desa,” ujarnya saat megisi materi Tupoksi BPD dalam kegiatan Pelatihan BPD Se Kecamatan Semboro. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, 15-16 Juni, di salah satu hotel di Jember. Kegiatan itu diikuti puluhan peserta dari perwakilan enam desa di Semboro

Tak hanya itu, Najib juga menegaskan, harus ada kesiapan yang matang dari BPD. Ia menyebut, agar tercipta pilkades yang lancar dan aman, masing-masing BPD juga harus mengerti tupoksinya. “Harus siap dan benar-benar dipahami,” ucapnya.

Sebagai mitra pemerintah desa, BPD harus paham peran dan fungsi yang diembannya. Di antaranya, membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

“Harapannya dapat meningkatkan dan tentunya bisa menambah pengetahuan. Yang tidak tahu jadi tahu. Baik di perangkat atau BPD,” tutur Djoko Prijono, Camat Semboro, menjelaskan target pelatihan tersebut. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih