Pengunjung Pantai Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

BERMAIN AIR: Pengunjung Pantai Payangan di Desa Sumberrejo, Ambulu, terlihat sedang bermain air di tepi pantai. Di saat musim gelombang tinggi, wisatawan diimbau berhati-hati.

RADARJEMBER.ID– Semakin banyaknya destinasi wisata baru, wisata alam masih menjadi primadonanya. Salah satunya wisata maritim. Banyak para pelancong yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama orang terdekat dengan bermain air di pantai. Meski begitu, wisatawan tetap diminta waspada dengan fenomena gelombang tinggi.

IKLAN

Berdasarkan data yang diperoleh peta prakiraan tinggi gelombang BMKG akhir pekan kemarin, tinggi gelombang perairan pantai selatan Jawa bisa mencapai 2 sampai 4 meter. Kondisi ini, diprediksi berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Abdul Rauf, 41, salah satu wisatawan di Pantai Payangan Jember menjelaskan, cuaca akhir-akhir ini memang sering mendung tiba-tiba. Terkadang juga disertai angin kencang. Untuk itu, saat berkunjung ke pantai, dirinya selalu diwaspadai. Apalagi, Pantai Payangan termasuk garis pantai selatan Jawa. “Asyik kalau liburan di pantai. Tapi harus tetep hati-hati. Khawatir pas ada ombak gede,” katanya.

Dia menjelaskan, teejadinya gelombang tinggi tak jarang sering mengakibatkan wisatawan hanyut terbawa gelombang. Terlebih, dari catatan kasus di Pantai Payangan, hampir setiap tahun terjadi kecelakaan laut yang menimpat wisatan ketika mandi di pantai. Beberapa ada yang tewas. hingga. “Gelombang gede kayak gini Tim SAR haru terus stanby,” pintanya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih