Masyarakat Kompak Tolak Kerusuhan

UNTUK KEDAMAIAN: Masyarakat Bondowoso yang tengah berolahraga di car free day (CFD) ikut kegiatan deklarasi tolak kerusuhan Pasca Pilkada

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID– Ada yang berbeda di car free day (CFD) Minggu (16/6), kemarin. Biasanya masyarakat hanya olahraga biasa. Namun, kemarin mereka olahraga bersama dengan Polres Bondowoso. Olahraga itu merupakan rangkaian deklarasi menolak kerusuhan pascapemilu 2019.

IKLAN

Seluruh jajaran forpimda hadir dan ikut bergabung dalam acara tersebut. Seperti Ketua DPRD Tohari, Wabup Irwan Bachtiar, Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, dan beberapa pimpinan instansi terkait. Kapolres AKBP Febriansyah menjadi inisiator dalam deklarasi tersebut.

Dalam deklarasi itu, masyarakat membuat petisi tolak kerusuhan. Selain itu, mereka mengenakan kaus putih dengan tulisan #TolakKerusuhan. Masyarakat sangat bersemangat dalam agenda untuk kedamaian NKRI itu. “Deklarasi ini bagian dalam rangka membangun tatanan nilai, norma, dan etika dalam pelaksanaan kehidupan berdemokrasi,” ujar Wabup Irwan Bachtiar.

Dijelaskannya, masyarakat boleh berbeda bendera, berbeda warna ataupun berbeda simbol. Namun, semuanya disatukan dalam berbangsa Indonesia, bernegara dalam bingkai Bineka Tunggal Ika. “Masyarakat jangan terpengaruh informasi atau ajakan yang memprovokasi, untuk memecah belah persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Ferbriansyah mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga Kabupaten Bondowoso. Pihaknya mengajak masyarakat untuk menghindari kerusuhan dan menjaga Bondowoso agar aman, nyaman, dan damai. Kapolres juga meminta agar masyarakat tidak terpancing dengan informasi hoaks dan provokasi. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Istimewa

Editor : Narto