Tanpa Modal, Berlangsung Meriah

Launching Aplikasi e-beca

“Kita tidak lagi cara tradisional, membeli buku dalam jumlah banyak. Sebab, cukup men-download buku-buku melalui aplikasi”Irwan BachtiarWakil Bupati Bondowoso

TANPA MODAL: Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Bondowoso Karna Suswandi menggelar resepsi pembukaan e-beca tanpa modal tetapi berlangsung meriah.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Program untuk mendukung pendidikan dikeluarkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Bondowoso. Yakni aplikasi Elektronik Bendebesah Catalog (e-beca). Aplikasi ini, memudahkan masyarakat mengakses berbagai literatur. Berbagai sekolah diundang dalam peluncuran (launching) aplikasi tersebut. Menariknya, peluncuran itu digelar tanpa modal. Sebab, memang tidak ada anggaran untuk peluncuran. Namun, karena kemauan yang tinggi, akhirnya acara menjadi meriah.

IKLAN

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Bondowoso Karna Suswandi mengatakan, pihaknya menggerakkan beberapa lini. Misalnya saja, penyediaan kue disumbang oleh Bank Jatim. Selain itu, tenda dan panggung milik keluarga karyawan Dinas Perpustakaan dan Arsip. “Jadi, jika biasanya satu hari tenda ini berdiri, namun ini butuh empat hari karena gotong royong,” jelasnya.

Dijelaskannya, tidak ada anggaran untuk memeriahkan peluncuran. Namun, pihaknya memiliki kemauan tinggi untuk menggelorakan niat memajukan pendidikan. Yakni dengan mengenalkan aplikasi e-beca. “Kami ingin memberitahukan kepada seluruh sekolah jika saat ini ada aplikasi e-beca. Silakan memberikan masukan buku apa yang dibutuhkan, nanti kami akan sediakan,” tegasnya.

Saat diluncurkan, aplikasi e-beca ini masih memuat 266 buku. Namun, ke depan pihaknya berkoordinasi dengan berbagai sekolah untuk menambah literatur buku. Sebab, penyediaan buku ini terkait dengan pelayanan pendidikan gratis. “Jika selama ini siswa masih dibebani pembelian buku, dengan aplikasi e-beca, keperluan itu menjadi gratis,” ungkapnya.

Aplikasi ini sengaja diciptakan untuk memudahkan akses masyarakat terhadap perpustakaan. Tujuannya masyarakat bisa membaca ragam buku bacaan jarak jauh. Tidak usah datang ke perpustakaan daerah. Harapannya aplikasi tersebut bisa memicu Bondowoso Mandiri Ekonomi, Lestari, Sejahtera, dan Terdepan (Melesat).

Sementara itu, Wakil Bupati Irwan Bachtiar yang membuka acara tersebut sangat mengapresiasi launching e-beca. Hal itu merupakan suatu terobosan di era digital saat ini. Apalagi website dan aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat. “Kita tidak lagi cara tradisional, membeli buku dalam jumlah banyak. Sebab cukup men-download buku-buku melalui aplikasi,” terangnya.

Dijelaskannya, terobosan ini lebih memudahkan masyarakat untuk membaca. Jika saat ini, masih berupa website, ke depan fitur ini kami dorong untuk dimasukkan ke Playstore. Sehingga semakin lebih memudahkan masyarakat. “Selama ini meskipun ada program pendidikan gratis, namun siswa masih membeli buku. Karenanya, hal ini yang memberatkan orang tua siswa,” terangnya. (*)

 

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : solikhul huda

Editor : Narto