Warga Joget Bareng Dukung Angket 

ASPIRASI UNIK: Suyana dan sejumlah warga lain melakukan tarian khusus mengiringi lagu yang berisi dukungan angket di halaman DPRD, kemarin (16/1).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Memanasnya suasana penggunaan hak angket di DPRD Jember selama dua pekan terakhir tiba-tiba berubah adem. Kemarin (16/1), sejumlah muda-mudi dengan pakaian seragam melakukan gerakan serempak. Mereka menari bersama mengiringi lagu yang diciptakan khusus untuk mendukung penggunaan hak angket tersebut.

IKLAN

Praktis, kehadiran mereka mencairkan suasana. Jika sebelumnya anggota dewan kerap melakukan rapat-rapat serius, tetapi tidak demikian dengan pagi kemarin. Bahkan, sebagian pimpinan dan anggota dewan ikut menari bersama sembari mendendangkan sebuah lagu.

Beberapa anggota dewan yang terbius dan ikut berdendang yakni Ketua DPRD Jember M Itqon Syauqi, Wakil Ketua Ahmad Halim, Ketua Panitia Angket Tabroni, serta sejumlah anggota dewan lain. Mereka mengikuti gerak sejumlah warga yang datang dari Kecamatan Jenggawah.

Tari yang menyerupai senam dan lagu khusus itu, menurut Ketua Forum Silaturrahmi Pemuda Gayasa (Fospag) Muhammad Fathorrosi, sengaja dibuat untuk menyampaikan aspirasi warga. “Kami dari Jenggawah, dari komunitas audio sound mini, datang ke sini untuk mendukung hak angket,” katanya.

Fathorrosi yang mengaku pembuat lagu-lagu kampanye untuk Bupati Faida ini menyebut, dirinya hanya bisa menyampaikan aspirasi melalui lagu. Untuk itulah, dia juga membikin lagu dilengkapi dengan tari untuk mendukung hak menyelidiki kebijakan yang berhubungan dengan kepentingan publik tersebut. “Dulu yang membuat lagu Bupati Faida saya. Ada 13 lagu yang dibuat untuk kampanyenya. Tapi saya sekarang membuat lagu untuk panitia angket,” jelasnya.

Mantan pembuat lagu Faida itu menjelaskan, dirinya datang ke kantor DPRD bersama 70-an orang dari Jenggawah. Kedatangannya tidak lain menyerahkan kepingan CD dan memeragakan tariannya secara langsung di halaman gedung dewan.

Dia berkata, mungkin orang yang menyampaikan aspirasi memakai surat resmi sudah banyak, tapi dirinya ingin menyampaikan aspirasi dengan cara berbeda dengan menggunakan lagu. “Ini saya lakukan karena kami sudah merasakan. Kami ingin ada perubahan di Jember, bukan janji-janji tetapi kerja nyata,” jelasnya.

Hal itulah yang membuat Fathorrosi berbalik arah. Jika dulunya dia membuat sampai 13 lagu, tetapi saat ini membuat lagu untuk DPRD yang diketahui sedang menyelidiki sejumlah kebijakan di Jember. “Ini pilihan kami. Semoga aspirasi kami didengar oleh DPRD,” jelasnya.

Aspirasi yang dituangkan dalam bait-bait lagu ini diberi judul Selamat Berjuang DPRD. Isinya tentang keluh kesah masyarakat terhadap kondisi Jember. “Untuk itu, kami mendorong agar DPRD terus maju memperjuangkan aspirasi masyarakat,” jelasnya.

Lagu itu pun kemudian diputar. Beberapa warga asal Jenggawah ini selanjutnya menari bersama. Tak lama kemudian pimpinan DPRD serta sejumlah anggota yang lain turut berbaris dan mengikuti gerakan-gerakan yang menyerupai senam. “Kami berterima kasih atas dukungannya. Tentu apa yang kami lakukan ini tidak lepas dari aspirasi masyarakat. Lagu ini nanti akan kami putar dan semoga menambah semangat panitia angket,” kata M Itqon Syauqi, Ketua DPRD Jember.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Mahrus Sholih