Ditinggal Cuci Beras, Dua Rumah Terbakar

LUDES: Petugas pemadam kebakaran berusaha menjinakkan api yang membakar dua rumah masing-masing milik Misdi, 71, dan anaknya, Eko, 40, yang ludes dilalap si jago merah, Jumat (17/1) siang.

KALIWATES, Radar Jember – Jumat (17/1) siang menjadi hari yang tak terlupakan bagi Misdi, 71, dan Mistari, 40. Warga Jalan Hayam Wuruk Gg I/119 dan 121, Lingkungan Kaliwates Kidul, Kelurahan/Kecamatan Kaliwates, ini terpaksa kehilangan tempat tinggalnya. Ya, dua rumah ini ludes terbakar saat ditinggal beraktivitas.

IKLAN

Sebelum terjadi kebakaran, Astina, 69, istri Misdi, membakar kayu yang ada di dalam tungku. Saat tengah menunggu api membesar, Astini meninggalkan dapur untuk mencuci beras. Namun, saat kembali, dirinya mendapati api sudah membakar bagian dinding rumahnya.

Saat berteriak panik inilah, ada warga sekitar yang mengetahui asap tebal yang keluar dari bagian dapur rumah korban. Api yang semakin membesar terus membakar bagian dinding yang terbuat dari tembok dan bambu. Warga sekitar berupaya untuk memadamkan api yang saat itu semakin merembet ke rumah Mistari, 40, anak korban, yang ada di sisi kiri rumah Misdi. Warga sekitar semakin panik, karena takut kebakaran itu semakin meluas. Puluhan warga membantu memadamkan api menggunakan selang dari rumah warga.

Tidak lama kemudian mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk memadamkan api yang sudah membakar dua rumah tersebut. “Beruntung, petugas pemadam kebakaran segera tiba sehingga kebakaran tidak merembet ke rumah warga yang ada di sekitar rumah korban,” ujar Zaenul Hadi, Ketua RW 01, Lingkungan Kaliwates Kidul, Kelurahan/Kecamatan Kaliwates.

Kuatnya angin juga menjadi faktor api yang sulit dijinakkan. Terlebih lagi, kedua rumah merupakan rumah semi permanen, yakni sebagian terbuat dari bambu. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja, seluruh isi rumah ludes dan tidak ada yang bisa terselamatkan. “Di rumah Mistari, ada empat sepeda angin yang ada di dalam kamarnya ikut terbakar. Demikian juga dengan motor milik Mistari di dalam ruang tamu, juga ludes terbakar,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Kaliwates Kompol Edy Sudarto menuturkan, api muncul dan semakin membesar ketika istri korban keluar mencuci beras dan meninggalkan api di tungku. Saat korban kembali ke dapur, api sudah membakar bagian dinding dari bambu.

“Api begitu cepat merembet ke atap dan terus membesar. Selanjutnya, api juga merembet ke rumah anak korban. Belum diketahui berapa kerugian yang dialami kedua korban tersebut,” pungkasnya. (c2)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti