Bendera 1.111 Meter Sambut HUT RI

BENTANGKAN BENDERA: Bendera sepanjang 1.111 meter dibentangkan mulai pertigaan Curahdami sampai ke Alun-alun RBA KI Ronggo.

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – Bendera merah putih dengan lebar 115 cm dan panjang 1.111 meter, membentang di Alun-alun RBA Ki Ronggo, Kamis (16/8/2018). Pembentangan itu dilakukan oelh siswa MAN Bondowoso. Sebanyak 1.248 siswa dilibatkan dalam pembentangan bendera tersebut.

IKLAN

Bupati Amin Said Husni, Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, Pengasuh Ponpes Nurul Burhan KH Imam Barmawi ikut serta dalam pemberangkatan pembentangan bendera tersebut. Start pemberangkatan dilakukan di Taman Makam Pahlawan di Kota Kulon. Terliat dalam pembentangan tersebut, sebanyak 1.248 siswa, 80 guru dan karyawan, 100 personil TNI dan 75 personil Polri.

Ketua Panitia Zainullah mengatakan, bendera itu panjangnya 1.111 meter. Panjang tersebut menurutnya sesuai dengan jumlah daripada jumlah salat umat muslim. Jumlah itu dihitung mulai rakaat, bacaan, dan segala sesuatu didalam salat, jika dihitung berjumlah 1.111. “Ini adalah hasil musyarawarah kepanitiaan dengan ustad dan kiai,” terangnya.

Dijelaskan, pembentangan bendera tersebut merupakan wujud rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. Pihaknya ingin menyampaikan, kemerdekaan adalah ramat Allah yang harus dijaga. Salah satu usaha menjaganya adalah menanamkan nilai luhur didalamnya. “Pembentangan ini, merupakan bentuk rasa syukur,” jelasnya.

Dari start, bendera itu dibawa ke Alun-alun dan ada yang ke Jalan A Yani. Ketika di lihat dari atas, akan membentuk Alif-Lam-Mim. Simbol ini artinya, kemerdekaan tidak lepas dari rahmat Allah dan rahasia Allah. Jadi ada rahasia dari Alif-Lam-Mim.

Sementara KH Imam Barmawi mengatakan, rasa ke-Indonesia-an harus diutamakan. Pihaknya ingin mengajak para santri agar bisa mengamalkan ibadah dengan tetap mencintai tanah air dan bangsa. “Tahun ini lebih pas lagi, karena besama dengan bulan haji,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam bulan haji ini, semua tahu Nabi Ibrahim selalu berdoa yang artinya ‘Ya Allah jadikan negeri kami negeri yang aman, dan berikan rizki kepada penduduknya dengan buah-buahan dan tanaman yang berlimpah. “Dari sini, kami ingin mengajak seluruh siswa merefleksikan kemerdekaan dengan mengambil pelajaran dari Nabi, Auliya’ dan Ulama,” pungkasnya. (*)

Penulis: Sholikhul Huda

Fotografer: Sholikhul Huda

Editor: Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :